Sunday, October 22, 2017

Memasang & Menggunakan Actions pada Photoshop CS6

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Setelah sebelumnya saya membahas tentang beberapa filter foto keren yang dapat digunakan pada foto sendiri dengan menggunakan actions Photoshop, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan actions pada Photoshop.

Untuk teman-teman yang baru mengenal actions photoshop seperti saya, mungkin akan sedikit bingung dengan fitur yang satu ini, bukan hanya bingung bagaimana cara memasangnya di photoshop, melainkan juga sedikit membingungkan caranya digunakan.


Nah, saya akan membahas pada dua bagian berbeda tentang actions yang telah didownload pada photoshop, yang pertama adalah bagaimana cara memasangnya di photoshop dan yang kedua adalah bagaimana cara menggunakannya setelah terpasang. Mari kita simak.

Cara Memasang Actions Baru di Photoshop

Sebelum bisa digunakan, file actions yang telah diperoleh harus dipasang terlebih dahulu. Untuk memasangnya, pertama-tama silakan teman-teman simpan file dengan ekstensi *.atn (yang merupakan file actions photoshop) ke dalam folder actions pada direktori Photoshop, yang terletak pada C:/Program Files/Adobe/Adobe Photoshop CS6\Presets\Actions (jika menggunakan Photoshop CS6, silakan sesuaikan pada versi masing-masing).

Setelah itu klik dua kali pada file *.atn yang sebelumnya, maka selanjutnya Photoshop akan terbuka. Nah, kemudian untuk menampilkan bagian actions yang telah diinstall, pada menu Windows klik Actions, maka akan muncul sebuah jendela kecil baru.


Atau dengan cara lain, anda bisa memasang actions baru pada photoshop melalui menu Load pada jendela actions, kemudian selanjutnya cari file *.atn yang ingin sobat load.


Cara Menggunakan Actions Pada Photoshop

Untuk menggunakan actions yang telah terpasang pada photoshop, pada dasarnya kita hanya menjalankan apa yang sebelumnya telah terekam pada file actions tersebut, maka perintah yang terdapat pada actions akan dijalankan secara berurut satu per satu. Untuk menjalankan actions pada photoshop, kita cukup memilih actions mana yang akan kita gunakan kemudian menekan tombol play.


Nah, sekarang teman-teman mungkin sudah tahu bagaimana cara memasang dan menggunakan actions pada Photoshop, selain itu teman-teman bisa mendapatkan beberapa actions berupa efek filter foto yang bisa teman-teman gunakan pada foto masing-masing, silakan baca posting saya pada Membuat Efek Filter Instagram dengan Actions Photoshop semoga saja ada efek filter foto yang teman-teman sukai.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments