Sunday, May 28, 2017

Mengunci Wallpaper Permanen Desktop Windows 7 & 8

Beberapa hari yang lalu, di laboratorium komputer kampus saya mendapat masalah baru, sebagai seorang asisten sudah menjadi tanggung jawab kami untuk menjaga komputer tersebut dari segi perangkat internal maupun eksternal, dalam dan luarnya.

Selain itu supaya terlihat "keren", maka dibuatlah wallpaper yang seragam untuk komputer itu, mengaturnya sedemikian sehingga yang satu terlihat sama dengan yang lain, yah meskipun dilihat dari jauh pun semua komputer itu sudah sama bentuk fisiknya, tak ada beda se-inchi pun, termasuk mereknya.

Jadilah komputer-komputer itu, selain bermerek yang sama, juga ber-wallpaper yang sama, tapi satu lagi masalahnya, tiada angin tiada hujan entah siapa pula asisten yang "bandel" mengganti gambar wallpaper nya. Hal itu tentunya cuma bisa dilakukan oleh asisten, sebab cuma asisten yang mengetahui kata sandi deepfreeze untuk setiap komputer. Jadilah rencana awal tadi gagal.

Akhirnya dengan sedikit mencari tahu, saya menemukan cara yang lebih ampuh, saya memutuskan mengatur agar wallpaper tersebut benar-benar tidak bisa di ganti, kecuali oleh Yang Maha Kuasa. Untuk mengaturnya ada dua cara yang dapat digunakan, untuk teman-teman yang ingin mencobanya silakan pilih salah satunya.

Cara #1

Pertama-tama buka jendela Run dengan cara menekan tombol Windows (tombol keyboard berlogo Windows) + R. Atau kalau tidak tahu pada menu Start tulis "run".


Setelah itu pada jendela Run tulis kata "regedit" dan tekan OK.


Kemudian silakan cari lokasi HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies. Klik kanan pada folder Policies lalu pilih New > Key dan beri nama ActiveDesktop untuk key baru tersebut.


Nah selanjutnya klik kanan pada key ActiveDesktop yang telah dibuat tadi kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value lalu beri nama NoChangingWallpaper untuk file baru tersebut.


Lalu selanjutnya klik dua kali (double click) pada file NoChangingWallpaper yang baru saja dibuat, setelah itu ganti angka 0 dan beri nilai 1 pada Value data lalu tekan OK.


Setelah itu periksa pada bagian Personalize, wallpaper desktop tidak dapat diganti bahkan meski dengan cara Set as desktop background.


Cara #2

Cara kedua yang dapat teman-teman gunakan, pertama-tama kembali buka jendela Run dengan cara yang sama pada bagian pertama. Setelah itu tuliskan "gpedit.msc" dan tekan OK.


Kemudian pada jendela Local Group Policy Editor, buka lokasi folder User Configuration > Administrative Templates > Control Panel > Personalization. Kemudian perhatikan pada bagian sebelah kanan, klik kanan pada setting Prevent changing desktop background lalu pilih Edit.


Pada jendela pengaturan Prevent changing desktop background, aktifkan dengan memilih Enabled lalu tekan Apply kemudian tekan OK.


Setelah itu sama seperti pada cara pertama, periksa pada bagian Personalize, wallpaper desktop tidak dapat diganti bahkan meski dengan cara Set as desktop background.


Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments