Wednesday, May 17, 2017

Cara Mudah Buat Database Access untuk Visual Basic 6.0

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pada posting ini saya akan membahas tentang cara membuat database untuk Visual Basic 6.0 menggunakan Microsoft Access. Pada Microsoft Visual Basic 6.0, terdapat banyak fitur-fitur yang kebanyakan orang belum paham dan belum tahu penggunaannya, salah satunya adalah fitur database, ada beberapa jenis database yang dapat dihubungkan dengan Microsoft Visual Basic 6.0, yaitu Microsoft Access dan Mysql.

Membuat Database

Nah, untuk membuat database sobat tentunya perlu sebuah component yang berfungsi menghubungkan data dalam database kedalam project yang telah dirancang. Pertama-tama buatlah sebuah database di Microsoft Access dengan menggunakan Microsoft Visual Basic, caranya pada menu Add-Ins pilih Visual Data Manager.


Setelah itu pada jendela VisData, pilih File - New - Microsoft Access - Version 7.0 MDB.


Setelah itu beri nama untuk file database yang akan dibuat kemudian simpan pada tempat yang sobat inginkan. Selanjutnya kita akan membuat sebuah tabel untuk database tersebut, klik kanan pada bagian Database Window, lalu pilih New Table.


Setelah itu akan muncul tampilan Table Structure, isi bagian Table Name dengan nama tabel untuk database, misal nama siswa, DaftarBarang, data_user. Tabel ini sama seperti bagian-bagian dalam database yang terpisah satu sama lain, gambarannya seperti beberapa ruangan dalam rumah, setiap ruangan (tabel) menyimpan database yang berbeda. Lalu jika sudah menentukan nama tabel, tekan tombol Add Field.


Nah inilah bagian terpenting dalam pembuatan database, disini kita akan membuat nama untuk tiap bagian dalam tabel, misal jika sobat membuat tabel username beserta passwordnya, maka disinilah dibuat field untuk username dan password.
  • Name : nama untuk field.
  • Type : tipe data dalam filed, misal filed jumlah barang bertipe integer (bilangan bulat), filed nama bertipe text.
  • Size : banyaknya karakter maksimal yang dapat diisi pada field tersebut.
  • FizedField/VariableField : posisi datang dalam field, berupa variabel atau data absolut.
  • AllowZeroLength : membolehkan field kosong.
  • Required : wajib terisi, termasuk kosong.
Pada bagian ini sobat mungkin hanya perlu mengatur bagian-bagian yang saya sebutkan diatas, sisanya mungkin dapat sobat abaikan, tekan OK.


Nah, jika sudah selesai, tekan Close jika tidak ingin lagi menambahkan field. Setelah sobat mengisi nama tabel dan menambahkan field, tekan tombol Build the Table untuk menyelesaikan pembuatan tabel database.

Sekarang sobat sudah memiliki database yang dapat sobat hubungkan menggunakan data control pada project VB sobat. Selanjutnya kita akan mencoba menghubungkan database yang telah dibuat dengan sebuah project pada Microsoft Visual Basic.

Menghubungkan Database

Baiklah, untuk mencoba menghubungkan sebuah database Ms. Access dengan project VB, saya akan menggambarkan dalam sebuah contoh kasus yang melibatkan langkah umum. Pertama-tama buatlah sebuah database (seperti cara diatas) dengan rincian sebagai berikut :
  • Database name : database.mdb (nama file database)
  • Table name : maringngerrang
  • Field 1 : name = nama; type = text; size = 50
  • Field 2 : name = nim; type = text; size = 50
  • Field 3 : name = prodi; type = text; size = 50


Kemudian tekan Build the Table untuk menyelesaikan pembuatan database. Selanjutnya tambahkanlah beberapa isi ke tabel yang telah dibuat tadi, dengan cara, klik 2x pada nama tabel (maringngerrang), lalu tekan tombol Add. Isikan dengan data yang sobat inginkan. Tekan tomblo Update. Lakukan terus dengan isi yang berbeda sebanyak yang sobat inginkan.



Setelah itu buatlah sebuah project di Visual Basic dengan tampilan seperti berikut ini.


Pada komponen Data1, atur properti DatabaseName dengan memilih file database.mdb yang telah dibuat tadi. Kemudian atur properti RecodrSource menjadi maringngerrang.



Selanjutnya atur DataSource ketiga Textbox menjadi Data1 (nama untuk komponen Data). Kemudian atur properti DataField sesuai posisi masing-masing textbox. Perhatikan ketiga gambar dibawah ini.




Lalu klik 2x pada tombol Keluar lalu tambahkan kode End sehingga secara keseluruhan kode yang digunakan adalah sebagai berikut:

Private Sub Command1_Click()
End
End Sub

Cukup pendek bukan!? Cuma itu kode yang sobat perlukan, coba jalankan form tersebut dan lihat hasilnya. Untuk tambahan-tambahan lain semisal untuk menambah, menghapus, ataupun menyunting isi dari database akan saya bahas pada posting selanjutnya. Nantikan saja. Download contoh project Visual Basic diatas yang telah saya buat disini atau disana.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments