Wednesday, March 8, 2017

Cara Show/Hide Ekstensi File di Windows 7

Cara Show/Hide Ekstensi File di Windows 7

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan atau menyembunyikan ekstensi file di Windows 7. Ekstensi mungkin sedikit terdengar asing di telinga beberapa orang, bahkan pengguna PC sekalipun. Ekstensi file adalah penamaan terhadap suatu file berdasarkan jenisnya, penamaan ini dilakukan untuk membedakan jenis aplikasi pembuka untuk file tersebut dengan memberikan dua-tiga huruf atau lebih yang berupa singkatan pada akhir nama file dan dipisahkan dengan tanda titik (.). Contoh ekstensi yang mungkin sudah banyak diketahui yaitu *.exe *.mp3 *.mp4 *.3gp *.jpg dan masih banyak lagi.

Secara default, pada sistem operasi windows, file dengan ekstensi yang diketahui oleh windows tidak ditampilkan, seperti ekstensi-ekstensi file yang sudah umum. Namun tampilnya semua ekstensi file menjadikan lebih mudah membedakan file bukan hanya dari ikonnya. Ada banyak alasan orang-orang lebih menyukai file yang ekstensinya terlihat maupun tersembunyi.

Pertama-tama, buka windows explorer. Dengan cara klik Start pilih Computer, atau klik kanan pada ikon Start lalu pilih Open Windows Explorer, atau langsung buka pada shortcut Computer di desktop. Setelah Windows Explorer terbuka, tekan ALT pada keyboard - jangan ditahan - lalu akan muncul menu di bagian atas, pilih Tools kemudian klik Folder options....


Setelah itu akan muncul jendela Folder Options, pilih tab View, unchecklist pada Hide extensions for known file types untuk menampilkan semua ekstensi file dan checklist jika sobat ingin menyembunyikan ekstensi file yang telah diketahui. Setelah selesai, klik Apply lalu pilih OK.

Cara Show/Hide Ekstensi File di Windows 7

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool