Tuesday, March 21, 2017

Penggunaan Module (Modul) dan Function di Visual Basic 6.0

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang satu diantara beberapa aplikasi bahasa pemrograman yang cukup populer hingga hari ini, dialah Visual Basic atau yang sering disingkat VB (vibi). Ditengah gencarnya pengembangan berbagai perangkat lunak masa kini, baik dari segi kompleksitas maupun dari segi interface yang menghasilkan banyak perangkat lunak ternama yang namanya sering muncul di berbagai jurnal, forum, seminar, bahkan media cetak dan media sosial. Namun disamping itu masih banyak pengguna perangkat lunak yang lebih memilih untuk menggunakan versi lama dari perangkat lunak yang digunakan, selain karena ukuran yang tidak terlalu berat juga karena kemudahan penggunaannya. Hal itu yang terjadi pada aplikasi Visual Basic 6.0 ini, meskipun telah dirilis Visual Basic 10 namun pengguna versi 6.0 masih saja banyak yang berlalu lalang dalam diskusi forum terkait.

Hal tersebut juga dipengaruhi karena pada awal penggunaannya VB telah menawarkan berbagai fitur yang mudah digunakan sehingga membuat pengguna yang masih awam langsung tertarik mencoba lebih jauh. Begitu pula yang saya alami sehingga satu demi satu pertanyaan muncul dan satu demi satu pertanyaan pula yang berhasil terjawab, meskipun ada beberapa yang tidak. Nah, untuk teman-teman yang juga mencari jawaban dari pertanyaan tentang VB, saya akan mencoba membantu sesuai dengan sejauh mana yang saya ketahui. Disini yang akan saya jelaskan adalah bagaimana menggunakan Module serta apa manfaat atau kegunaan menggunakannya pada Visual Basic 6.0 (seterusnya kita sebut VB6.0).

Module atau yang dalam bahasa Indonesia disebut modul merupakan satu diantara beberapa elemen tambahan yang dapat disertakan dalam sebuah project. Berbeda dengan form, apabila digunakan, modul sama sekali tidak menampilkan apa-apa secara langsung terhadap project saat dijalankan. Penggunaan modul biasanya untuk menyimpan kode tertentu yang diakses ke beberapa form, jadi misalnya sobat memiliki (anggaplah) 5 form dimana semuanya terdapat beberapa tool yang kegunaannya sama, anggaplah tombol untuk menghitung hasil operasi beberapa bilangan, jadi sobat dapat menggunakan fungsi tertentu untuk melakukan perintah yang di inginkan dimana kodenya tidak ditulis pada kelima form tersebut, melainkan di simpan di module. Kemudian kode yang disimpan di dalam modul merupakan kode yang berbentuk sebuah function alias fungsi (pemetaan).

Apabila sobat belum memahami penjelasan diatas, sobat mungkin dapat mengikuti contoh berikut ini yang akan saya jelaskan. Misalnya saja kita akan membuat program sederhana, menghitung operasi bilangan, jadi kita akan membuat program yang bisa menghitung hasil perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan, kita menggunakan contoh yang sederhana saja agar sobat mudah memahaminya, sebab bila dikembangkan, penggunaan function bisa sangat luas. Baiklah kita mulai saja, pertama-tama silakan buka VB6.0 pada platform sobat kemudian buatlah sebuah project Standard EXE.


Setelah itu buatlah form dengan tampilan seperti gambar berikut ini.


Jadi nantinya, saat dijalankan, akan di masukkan nilai dua buah bilangan pada text1 dan text2, kemudian setelah menekan tombol Hitung, hasil penjumlahannya akan muncul di text3, hasil pengurangannya muncul di text4, hasil perkaliannya muncul di text5 dan hasil pembagiannya muncul di text6 dimana keempat textbox tersebut berada dalam frame1. Kemudian selanjutnya tambahkanlah sebuah module.


Kemudian setelah jendela penulisan kode untuk modul telah muncul, buatlah sebuah public function untuk mendeklarasikan fungsi perhitungan yang akan kita buat. Kode yang digunakan adalah sebagai berikut.

Public Function Perhitungan(Bil1 As Double, Bil2 As Double, Operasi As String) As Double
If Operasi = "+" Then
    Perhitungan = Bil1 + Bil2
ElseIf Operasi = "-" Then
    Perhitungan = Bil1 - Bil2
ElseIf Operasi = "*" Or Operasi = "x" Then
    Perhitungan = Bil1 * Bil2
ElseIf Operasi = "/" Or Operasi = ":" Then
    Perhitungan = Bil1 / Bil2
Else
    MsgBox "Operasi tidak dikenali", vbCritical, "Kesalahan"
End If
End Function

Kode public function merupakan perintah untuk mendeklarasikan fungsi, pada contoh diatas kita membuat fungsi dengan bentuk Perhitungan(Bil1, Bil2, Operasi), dimana jenis fungsinya adalah double (bilangan riil), begitu pula dengan Bil1 dan Bil2 merupakan elemen bilangan riil, sedangkan Operasi didefinisikan sebagai string artinya nilainya bukan merupakan bilangan (non-numerik). Kemudian kode if di bawahnya dapat sobat pahami sendiri. Selanjutnya kita akan membuat hasilnya pada form yang telah dibuat tadi, tambahkan kode berikut pada form tersebut.

Private Sub Command1_Click()
Text3.Text = Perhitungan(Val(Text1.Text), Val(Text2.Text), "+")
Text4.Text = Perhitungan(Val(Text1.Text), Val(Text2.Text), "-")
Text5.Text = Perhitungan(Val(Text1.Text), Val(Text2.Text), "*")
Text6.Text = Perhitungan(Val(Text1.Text), Val(Text2.Text), "/")
End Sub

Kemudian perhatikan kode diatas, pada kode baris kedua terdapat Perhitungan(Val(Text1.Text), Val(Text2.Text), "+"), artinya operasi dilakukan sesuai dengan fungsi yang telah dibuat di awal tadi. Dalam hal ini, sobat dapat membuat berbagai fungsi yang sebelumnya belum ada di VB6.0, misalnya sobat membuat fungsi untuk mencari nilai faktorial dengan fungsi Fakt(n) dimana n bilangan bulat tak negatif. Atau fungsi untuk menghitung nilai kombinasi a dari b Comb(a,b) serta nilai permutasi a dari b Perm(a,b). Itulah mengapa saya katakan di awal bahwa pembuatan public function di VB6.0 sangat luas pengembangannya karena fungsi dapat dibuat sesuai dengan keinginan penggunanya.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments