Thursday, March 9, 2017

Fuzzy For Us #Gamma14

Fuzzy For Us #Gamma14

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh - The Next Episode for Us - Fuzzy alias himpunan kabur, selain sering dihubungkan dengan teknologi masa kini yang berkembang makin pesat, himpunan Fuzzy juga bisa menggambarkan tentang hubungan diri kita sendiri dengan orang lain.

Dalam grafik fungsi derajat keanggotaan himpunan fuzzy dikenal satu diantara beberapa representasi yang disebut representasi segitiga, hubungan kita dengan seseorang juga seperti itu. Sejak awal bertemu dengan seseorang kita mungkin akan berada pada titik pertama dalam interval grafik tersebut, titik dengan nilai terkecil. Perlahan relasi kita dengan seseorang akan meningkat seiring dengan pengaruh satu variabel penting, yaitu waktu, hari ini kita mungkin masih berjalan di titik terkecil tadi, tetapi pekan depan atau bulan depan mungkin kita sudah berada pada nilai kodomain yang lebih tinggi.

Variabel waktu mungkin tak mengizinkan kita untuk rehat sejenak, nilai variabel waktu terus meningkat, mungkin begitu pula yang terjadi dengan nilai kedekatan kita, saat ini saya sudah tidak bisa menghitung berapa nilai kodomain yang saat ini kita capai dengan nilai domain yang saat ini kita dapatkan, dari apa yang saya lihat sepertinya hari ke hari kita semakin dekat, namun sudah saya katakan di awal tadi bahwa kita ini seperti representasi segitiga dari derajat keanggotaan himpunan fuzzy, saat ini sepertinya kita telah melewati titik ekstrim dari grafik kedekatan kita, kita telah mencapai nilai tertinggi dari apa yang telah kita lewati, dan seperti definisinya setelah melewati titik ekstrim itu kita mungkin akan kembali turun, kembali menjadi seperti dulu kala saat awal kita bertemu. Nilai kodomain kita nampaknya semakin kecil.

Sepertinya masing-masing dari kita akan tetap menjadi suspect dalam populasi besar dari penyakit hati yang sama setelah kita melalui proses infected dan recover. Bila dapat dibuat dalam sebuah model mungkin penyakit hati itulah yang menjadi variabel pentingnya, selain waktu tentunya. Dan apa kau tahu, di akhir kisah ini saya masih berharap kita akan bergerak layaknya fungsi x-kuadrat, meskipun itu akan menjadikan grafik cerita perjalanan kita ini tidak akan dianggap lagi dalam grafik fungsi derajat keanggotaan himpunan fuzzy. Karena ku tahu, di usianya yang masih belia, himpunan fuzzy ini mungkin saja masih memiliki kesalahan.
Disqus Comments