Monday, March 6, 2017

Menggunakan Kode untuk Character Entities di HTML Blog

Menggunakan Kode untuk Character Entities di HTML Blog

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam sistem pengkodean HTML terdapat beberapa karakter simbol untuk menjelaskan perintah tertentu, seperti simbol "lebih besar dari" dan sebaliknya serta simbol "tanda kutip". Simbol-simbol tersebut tidak dapat dituliskan meskipun dalam pendeklarasian kode yang tidak termasuk perintah, artinya kode tersebut selalu dibaca sebagai perintah oleh mesin. Misalnya contoh salah kode berikut.

<div class="matematika">Dalam bilangan matematika angka 5 > dari 4</div>

Kode diatas dianggap salah oleh mesin, karena terdapat karakter khusus yang berada pada tempat yang tidak semestinya. Oleh karena itu untuk beberapa karakter tersebut yang penggunaannya tidak dapat dipungkiri, maka karakter tersebut dapat digunakan dalam bentuk kode lain. Setiap karakter berbeda kodenya.

Karakter Kode Alt.
< &lt; &#60;
> &gt; &#62;
/ &#47; -
] &#93; -
[ &#91; -
" &quot; &#34;
' &#39; -
&ldquo; &#8220;
&rdquo; &#8220;
&lsquo; &#8216;
&rsquo; &#8217;
& &amp; &#38;

Jadi bentuk penulisan yang mengandung entities character dalam HTML yang baik dan benar adalah seperti contoh berikut ini:

<div class="matematika">Dalam bilangan matematika angka 5 &lt; dari 4</div>

Untuk melihat kode entities characters yang lebih banyak dan lebih lengkap sobat dapat melihatnya disini. Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool