Monday, March 6, 2017

Menggunakan Kode untuk Character Entities di HTML Blog

Menggunakan Kode untuk Character Entities di HTML Blog

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam sistem pengkodean HTML terdapat beberapa karakter simbol untuk menjelaskan perintah tertentu, seperti simbol "lebih besar dari", "lebih kecil dari", "tanda kutip", garis miring, serta beberapa simbol-simbol lain yang umum digunakan. Simbol-simbol tersebut tidak dapat dituliskan meskipun dalam pendeklarasian kode yang tidak termasuk perintah, artinya kode tersebut selalu dibaca sebagai perintah oleh mesin karena merupakan karakter yang menentukan perintah seperti apa yang diberikan oleh pengguna.

Pada kasus tertentu ada saat dimana kita harus menuliskan simbol yang termasuk dalam kode perintah, tetapi tidak bermaksud mengartikannya sebagai sebuah perintah. Misalnya kode HTML berikut ini akan menampilkan teks dengan bunyi Dalam bilangan matematika, bilangan 5 > 4.

<div class="matematika">Dalam bilangan matematika, bilangan 5 > 4</div>

Kode diatas dianggap salah oleh mesin, karena terdapat karakter khusus yang berada pada tempat yang tidak semestinya, tanda < merupakan simbol pembuka sebuah tag sedangkan tanda > merupakan penutup tag, sehingga mesin akan menganggapnya bahwa letak penutup tidak sesuai bukannya menganggap penggunaan karakter yang kurang tepat.

Oleh karena itu untuk beberapa karakter tersebut yang penggunaannya tidak dapat dipungkiri, maka karakter tersebut dapat digunakan dalam bentuk kode lain yang disebut character entities. Setiap karakter berbeda kodenya dan mempunya bentuk umum diawali dengan simbol ampersand dan diakhiri dengan simbol semicolon (titik koma).

Karakter Kode Alt.
< &lt; &#60;
> &gt; &#62;
/ &#47; -
] &#93; -
[ &#91; -
" &quot; &#34;
' &#39; -
&ldquo; &#8220;
&rdquo; &#8220;
&lsquo; &#8216;
&rsquo; &#8217;
& &amp; &#38;

Jadi untuk menggunakan simbol yang sudah ditentukan sebagai karakter perintah dan tidak bisa digunakan sembarangan ada kode lain untuk menuliskannya, ditulis dalam bentuk lain namun ketika ditampilkan dalam bentuk HTML akan berubah menjadi seperti simbol yang diinginkan, berikut ini bentuk penulisan yang mengandung entities character dalam HTML yang baik dan benar:

<div class="matematika">Dalam bilangan matematika, bilangan 5 &lt; 4</div>

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah karakter lain juga punya kode entities!? Jawabannya ya, nyaris semua karakter yang dapat digunakan di PC memiliki kode entities untuk ditampilkan di kode HTML bahkan mungkin termasuk kode yang sama sekali belum pernah teman-teman lihat sebelumnya. Nah, untuk melihat kode entities characters yang lebih banyak dan lebih lengkap sobat dapat melihatnya disini. Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments