Wednesday, March 29, 2017

Membuat Aplikasi Cryptography (Kriptografi) dengan Visual Basic 6.0

Membuat Aplikasi Cryptography (Kriptografi) dengan Visual Basic 6.0

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Setelah sebelumnya saya telah membahas tentang module dan public function, kali ini di Visual Basic 6.0 (seterusnya kita sebut VB6.0) saya akan memberikan tutorial sederhana mengenai pembuatan aplikasi cryptography dengan menggunakan VB6.0. Dalam pembuatan aplikasi ini saya mungkin menggunakan beberapa public function jadi jika sobat belum memahami kegunaannya, untuk module dan public function silakan pelajari lebih lanjut.

Untuk mulai membuatnya setelah membuka VB6.0 pertama-tama silakan sobat buat sebuah project dengan menggunakan Standard EXE lalu buatlah sebuah form, pada form tersebut intinya sobat memerlukan dua textbox dan dua command button, dimana salah satu textbox tersebut untuk memasukkan teks yang akan di enkripsi dan textbox yang satunya untuk menampilkan hasil enkripsi, sedangkan fungsi salah satu command untuk meng-enkripsi sedangkan yang satunya lagi untuk melakukan dekripsi. Tampilannya dapat diatur kurang lebih seperti gambar berikut ini.


Kemudian selanjutnya atur properti text1 dan text2 yaitu pada multiline jadikan true. Gunanya agar teks dapat dituliskan tanpa barus sebaris (bisa di enter), kemudian kosongkan teks kedua textbox tersebut. Selanjutnya tambahkan kode public function berikut pada project tersebut.


Public Function Encrypt(Text As String, Key As Integer) As String
Dim Enkrip, Masukan, Keluaran As String
Dim n, i As Integer
Masukan = Text
n = Len(Masukan)
For i = 1 To n
    Enkrip = Mid(Masukan, i, 1)
    Enkrip = Asc(Enkrip)
    Enkrip = (Enkrip + Key) Mod 256
    Enkrip = Chr(Enkrip)
    Keluaran = Keluaran & Enkrip
Next i
Encrypt = Keluaran
End Function

Public Function Decrypt(Text As String, Key As Integer) As String
Dim Dekrip, Masukan, Keluaran As String
Dim n, i As Integer
Masukan = Text
n = Len(Masukan)
For i = 1 To n
    Dekrip = Mid(Masukan, i, 1)
    Dekrip = Asc(Dekrip)
    Dekrip = (Dekrip - Key) Mod 256
    Dekrip = Chr(Dekrip)
    Keluaran = Keluaran & Enkrip
Next i
Decrypt = Keluaran
End Function

Perhatikan kode enkripsi dan dekripsi diatas, kode tersebut pada dasarnya memanfaatkan pergeseran nilai ascii dari sebuah karakter, jadi misal sobat menuliskan huruf A dengan nilai ascii 65, kemudian ditambah sebanyak nilai Key, kemudian dimodulokan dengan 256 (256 merupakan banyaknya bilangan ascii) agar ketika bilangannya lebih dari 256 lebihnya kembali diulangi dari 1.


Kemudian selanjutnya klik dua kali pada command button yang bertuliskan Encrypt, tombol tersebut akan diberi perintah agar ketika di klik langsung melakukan enkripsi terhadap teks yang berada pada text1. Tambahkan kode pada baris pertama dibawah ini pada button Encrypt tersebut dan kode pada baris kedua untuk button Decrypt.

Text2.Text = Encrypt(Text1.Text, 6) 'Untuk tombol Encrypt
Text2.Text = Decrypt(Text1.Text, 6) 'Untuk tombol Decrypt


Setelah itu coba lakukan simulasi, masukkan teks berikut pada textbox pertama kemudian tekan tombol Encrypt dan sesuaikan apakah hasilnya sama, jika terjadi kesalahan harap periksa dengan cermat kode yang sobat gunakan, mungkin terdapat kesalahan pada penulisan atau penempatan kode.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool