Sunday, March 5, 2017

Cara Mendapatkan Nilai T-tabel & F-tabel di Excel 2013

Cara Mendapatkan Nilai Ftabel di Microsoft Excel 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperoleh nilai Ftabel dengan menggunakan Microsoft Office Excel 2013, pada dasarnya dengan menggunakan Excel 2007 maupun Excel 2010 juga menggunakan cara yang sama dengan yang akan saya jelaskan. Silakan simak berikut ini.

Mencari Nilai T-Tabel

Untuk memperoleh nilai t-tabel di Excel tentunya sobat sudah harus paham bahwa yang diperlukan untuk memperoleh nilai t-tabel secara manual adalah nilai probabilitas yang ditentukan oleh peneliti/pengguna dan nilai derajat kebebasan (db). Pada Microsoft Excel, formula yang digunakan berbentuk sebagai berikut:

=TINV(probability; deg_freedom)
- probability : probabilitas (biasanya 0,05 atau 0,01)
- deg_freedom : derajat kebebasan (db)


Jadi misalnya untuk mencari nilai t-tabel dari 10 dengan probabilitas 5% (0,05) ditulis seperti berikut ini pada Microsoft Excel.

=TINV(0,05;10)


Mencari Nilai F-Tabel

Hampir sama dengan mencari nilai t-tabel, untuk nilai f-tabel yang diperlukan adalah probabilitas serta nilai derajat kebebasan (db) dari penyebut dan pembilang (a/b). Pada Microsoft Excel, formula yang digunakan adalah sebagai berikut:

=FINV(probability; deg_freedom1; deg_freedom2)
- probability : probabilitas (biasanya 0,05 atau 0,01)
- deg_freedom1 : db pembilang
- deg_freedom2 : db penyebut


Jadi misalnya untuk mencari nilai f-tabel dengan probabilitas 1% (0,01) serta nilai db pembilang 6 dan nilai db penyebut 21 ditulis seperti berikut ini pada Microsoft Excel.

=FINV(0,01;6;21)


Perhatikan pada formula =FINV(0,01;6;21) serta kode yang serupa sebelumnya, tanda koma (,) yang digunakan harus di sesuaikan dengan format yang digunakan pada komputer sobat, ada pula komputer yang menggunakan titik (.) sebagai koma, misal 0,5 ditulis 0.5 (format internasional).

Selain itu perhatikan pula titik koma (;) yang digunakan sebagai pemisah antara probability dengan deg_freedom. Ada pula komputer yang menggunakan koma (,) sebagai pemisah. Intinya perhatikan tanda yang digunakan pada komputer yang sobat gunakan.

Sobat bisa download file t-tabel dan f-tabel yang telah saya buat pada Microsoft Excel, f-tabel 5% & 1% dengan derajat kebebasan lengkap dari 1-300, silakan download disini.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments