Sunday, November 20, 2016

Cara Membuat Tahun Otomatis Copyright Blog/Website

Cool girl photography

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tahun otomatis pada copyright blog atau website. Copyright pada sebuah situs merupakan salah satu elemen yang cukup penting dan sebaiknya ada, karena selain sebagai penanda kepemilikan template dan blog copyright juga menjadi menjadi bukti hak cipta dan identitas pembuatnya.

Meskipun tidak harus ada, tetapi umumnya situs-situs di internet baik itu blog maupun website biasanya memiliki copyright dibagian paling bawah halaman situs tersebut, kemudian copyright biasanya berbentuk "Copyright © Tahun - Nama Situs - All Right Reserved". Nah, coba sobat perhatikan contoh copyright tersebut, setelah simbol (c) yang merupakan simbol copyright terdapat tahun yang menunjukkan tahun saat ini atau tahun terakhir situs tersebut diperbaharui.

Biarpun cuma diganti sekali setahun tetapi tentunya kita tidak bisa tepat waktu mengganti copyright situs kita pada tanggal 1 Januari atau juga dikhawatirkan kita tidak ingat untuk menggantinya atau juga tidak bisa menggantinya karena berada ditempat yang jauh dari jangkauan koneksi internet. Banyak hal yang bisa menjadi kendalanya meskipun copyright cuma diganti sekali dalam kurang lebih 365 hari.

Jadi untuk mengakali hal ini, kita bisa memanfaatkan javascript untuk membantu mengubah tahun pada copyright blog/website secara otomatis jika tahun telah berganti. Kode javascript yang digunakan cukup sederhana saja, bentuknya seperti berikut ini.

<script type='text/javascript'>var creditsyear = new Date();document.write(creditsyear.getFullYear());</script>

Jadi sobat bisa mencoba menambahkannya pada blog atau website sobat, tempat meletakkan kode tersebut cukup tepat pada bagian tahun pada copyright, misalnya saja kode HTML untuk copyright sebuah situs adalah sebagai berikut.

<div id='copyright'>Copyright &#169; 2016 Maringngerrang Blog | Designed by : Muh. Hadi Purnomo</div>

Maka letakkan kode javascript tadi tepat pada tempat tahun dalam kode HTML copyright diatas, sehingga kode tersebut akan terlihat seperti berikut ini.

<div id='copyright'>Copyright &#169; <script type='text/javascript'>var creditsyear = new Date();document.write(creditsyear.getFullYear());</script> Maringngerrang Blog | Designed by : Muh. Hadi Purnomo</div>

Nah, itu saja kode yang diperlukan. Sobat bisa mencoba kode tersebut sebagai simulasi sebelum memasangnya pada blog atau website sobat pada halaman HTML Editor. Atau sobat bisa melihat demo pada bagian paling bawah dari blog ini.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments