Thursday, November 17, 2016

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menyalin teks dari sebuah gambar. Sebenarnya cara menyalin teks dari gambar ini kita memanfaatkan salah satu aplikasi bawaan Microsoft Office, yaitu Microsoft OneNote. Hal ini sangat berguna jika misalnya kita ingin mengedit sebuah teks dari file PDF namun isi dari dokumen PDF tersebut adalah gambar.

Baiklah langsung saja, untuk menyalin teks yang terdapat pada gambar pertama-tama siapkan Microsoft OneNote dan gambar teks yang disalin/copy. Disini saya menggunakan Microsoft OneNote 2013,  namun sobat bisa menggunakan MS 2007, 2010, bahkan 2016. Nah, misalnya berikut ini contoh gambar yang ingin di salin.

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Pertama-tama silakan simpan gambar diatas

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Kemudian buka Microsoft OneNote (dengan menggunakan shortcut Windows + N) pada tampilan OneNote 2013, pilih New Quick Note (N).

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Setelah itu paste gambar pada Ms, OneNote.

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Setelah itu klik kanan pada gambar yang telah di paste tadi lalu pilih Copy Text from Picture.

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Setelah itu coba buka text editor sobat, misal Notepad lalu coba paste maka teks seperti pada gambar akan muncul pada teks editor tersebut.

Perlu sobat perhatikan bahwa gambar dengan kualitas kurang baik dapat mempengaruhi hasil teks yang disalin, sehingga jika sobat menyalin teks yang cukup banyak dari sebuah gambar dengan kualitas gambar yang kurang baik atau terdapat noda pada gambar yang dapat mempengaruhi tampilan teks harap perhatikan teks yang tersalin.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments