Tuesday, October 4, 2016

Motto Bugis SMA Negeri 1 Pinrang, Sipakatau

Sunset SMA Negeri 1 Pinrang

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai salah satu motto orang-orang Bugis yang digunakan pada SMA Negeri 1 Pinrang, yaitu SIPAKATAU. Sebenarnya apa arti Sipakatau? Simak berikut ini.

SIPAKATAU, konsep yang memandang setiap manusia sebagai manusia. Seorang manusia bugis hendaklah memperlakukan siapapun sebagai manusia seutuhnya, sehingga tidaklah pantas memperlakukan orang lain diluar perlakuan yang pantas bagi manusia. Konsep ini memandang manusia dengan segala penghargaannya. Siapapun dia dengan kondisi sosial apapun dia, dia pantas diperlakukan selayaknya manusia. Seorang manusia bugis memperlakukan manusia lainnya dengan segala hak-hak yang melekat pada setiap manusia. Ia memandang manusia lain sebagai mana ia memandang dirinya sebagai sesama manusia dan telah menjadi motto pelayanan bagi SMAN 1 Pinrang, adapun kepanjangan dari "SIPAKATAU" tersebut adalah sebagai berikut.

S : Senyum

Sedekah tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, karena kita telah memberikan kebahagiaan kepada orang lain melalui senyum kita dengan cara bertegur sapa saat bertemu guru, teman-teman, dan siapapun yang berada dalam lingkungan sekolah.

I : Ikhlas

Ikhlas dalam hati, ucapan, dan perbuatan yang berarti bersedia menjadi pedoman di lingkungan sekolah.

P : Prima

Mengutamakan pelayanan yang baik, kualitas siswa, dan menjadikannya siswa yang benar-benar siap untuk menjadi orang yang sukses untuk dikemudian hari.

A : Amanah

Mengerjakan sesuatu, baik itu pekerjaan rumah maupun pekerjaan sekolah, tepat waktu. Hal itu menceminkan sikap amanah yang dimiliki oleh siswa SMANSA.

K : Komitmen

Konsisten terhadap tujuan yang hendak dicapai dalam melakukan sesuatu.

A : Antusias

Antusias dalam belajar baik di dalam ruangan kelas maupun di luar ruangan kelas.

T : Tertib

Kondisi yang menciptakan suasana dan tata sekolah yang mencerminkan tata tertib yang berlaku dalam lingkungan sekolah.

A : Akuntabilitas

Terciptanya kinerja sekolah sebagai salah satu syarat untuk menciptakan sekolah yang baik dan terpercaya.

U : Unggul

Unggul dalam beberapa bidang, baik di materi pembelajaran di sekolah maupun kegiatan-kegiatan diluar sekolah.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan silakan tuliskan komentar anda dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments