Saturday, October 8, 2016

12 Jenis Pekerjaan Secara Online dari Rumah, Pilih yang Mana?

Beberapa Pekerjaan Secara Online dari Rumah, Pilih yang Mana?

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Di Indonesia tingkat pengangguran bisa dibilang cukup tinggi, meskipun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di desa lebih tinggi dibandingkan di kota namun kesenjangan sosial lebih nampak di daerah perkotaan. Tapi mari kita berpikir sejenak, apa yang menyebabkan tingkat pengangguran di Indonesia tinggi? Ada beberapa hal penyebabnya, salah satunya adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Tapi hal inilah yang membuat Indonesia hingga hari ini masih disebut sebagai negara berkembang, pola pikir masyarakat yang selalu tentang mencari lapangan pekerjaan harusnya diubah menjadi membuat lapangan pekerjaan. Hanya ada segelintir orang yang berpikiran untuk tidak ingin menjadi karyawan.

Tetapi selain kurangnya lapangan pekerjaan ada satu hal juga yang kurang sehingga saat ini masih banyak pengangguran, yaitu kurangnya daya jual atau kemampuan seseorang, kalaupun ada kemampuan dukungan dan ide akan jadi penghalangnya, apa yang harus ku lakukan dengan ini?Sebenarnya kendalanya hanya pada kita terlalu takut mencoba. Karena sebenarnya di dunia maya yang dikatakan sebagian orang bahwa internet hanya tempat untuk sosmed dan game, kata pepatah dunia tak selebar daun kelor juga berlaku di dunia maya, bunyinya seperti ini dunia maya tak selebar monitor, dunia maya yang selama ini sering berlalu-lalang di kehidupan kita bisa saja menjadi ladang emas dan lapangan pekerjaan yang menjanjikan jika ditunjang oleh idea, ability, dan willingness 3 hal yang banyak dimiliki oleh orang pesimis yang terlalu takut mencoba yang juga dibumbui dengan kata-kata kemampuan saya kan dangkal. Oke, kalau begitu saya akan memaparkan suatu hal yang berhubungan dengan dunia pekerjaan, pekerjaan yang mungkin agak membingungkan bagi sebagian orang karena pekerjaan ini hanya tinggal dirumah dan kebanyakan tidak punya kantor tetap, akan tetapi meskipun terdengar seperti pekerjaan yang tidak menjanjikan atau pekerjaan yang dipandang sebelah mata aliaspenipuan atau haram tetapi marilah kita lihat dulu pekerjaan apa saja itu dan bagaimana cara kerjanya. Berikut ini beberapa profesi di dunia maya pekerjaan secara online yang bisa menjadi pilihan sobat.

1. Website Developer

Untuk sobat yang memiliki kemampuan codingweb, seperti HTML, PHP, JavaScript dan CSS saya sarankan untuk mencoba pekerjaan yang satu ini. Yang dilakukan dalam profesi ini ialah membuat dan menjaga/mengontrol suatu website. Gaji dari pekerjaan ini bisa dibilang cukup tinggi, tergantung dari seberapa besar website yang dibuat.

2. Online Teacher

Saat ini banyak anak-anak yang lebih memilih home schoolin gatau belajar mandiri dirumah, ada yang memanggil guru datang ke rumah dan ada pula yang memanfaatkan e-learning belajar jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Jadi bukan cuma taksi yang ada online nya guru juga ada, sobat bisa mencoba menjadi guru online dengan kemampuan akademik yang mumpuni serta bisa memasarkan kemampuan tersebut di dunia maya.

3. Graphics Designer

Nah untuk pekerjaan yang satu ini bisa dibilang adalah pekerjaan yang sangat saya gemari, menurut saya graphics designer adalah pekerjaan yang menghasilkan karya luar biasa pasalnya menggambar secara digital adalah hobi saya. Selain itu banyak yang memerlukan seorang graphics designer misal untuk membuat banner, spanduk, pamflet, maupun pajangan. Namun untuk menjadi seorang graphics designer diperlukan tingkat kreativitas yang tinggi melalui latihan yang banyak.

4. Online Marketing

Kalau yang ini mungkin tidak asing di kehidupan kita, banyak yang bisa menjadi contohnya, Bukalapak, OLX, Wikipedia, bahkan Traveloka merupakan situs yang fokus pada online marketing yaitu menjual dan menjajakan barang dagangan secara online. Selain itu ada pula beberapa orang yang memanfaatkan social media untuk menjajakan barang dagangan, pasalnya seperti yang kita ketahui situs yang paling banyak dikunjungi setiap harinya adalah media sosial.

5. Blogging

Blogging ini berasal dari kata blog, bagaimana blogging ini memperoleh penghasilan? Seperti situs yang saat ini sobat kunjungi ini adalah blog, Maringngerrang Blog. Dengan bantuan Google Adsense para blogging bisa memanfaatkan blog sebagai media menyampaikan iklan yang nantinya akan mendapatkan bayaran. Selain itu blog juga bisa menjadi tempat untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

6. Writer

Seorang penulis juga bisa memanfaatkan dunia maya, misal jasa menulis artikel untuk suatu blog atau website atau tulisan-tulisan lain karena seperti yang kita ketahui bersama yang tampil di dunia maya kebanyakan adalah tulisan, semakin menarik sebuah tulisan maka akan semakin tinggi ketertarikan pembaca.

7.Proofreader

Kalau tadi dibahas penulis proofreader adalah profesi yang berpasangan dengan seorang penulis, proofreader adalah orang yang membaca dan mengoreksi sebuah tulisan. Profesi ini memerlukan tingkat ketelitian dan konsentrasi yang tinggi terutama jika mengoreksi tulisan-tulisan yang panjang.

8. Photographer

Selain graphics designer salah satu pekerjaan yang juga menjadi hobi saya adalah photographer. Photographer juga memerlukan kreativitas tinggi seperti graphics designer serta jeli melihat objek apa yang harus di foto, dari sudut pandang mana gambar harus di ambil, dan pesan apa yang disampaikan dari foto tersebut. Seorang photographer bisa saja dibayar sangat mahal untuk sekeping foto karyanya tergantung siapa dan foto seperti apa yang dihasilkan.

9.Affiliate

Affiliateiniadalah profesi dimana seseorang menjadi pihak ketiga dalam sebuah transaksi perdagangan, menjadi perantara antara pembeli dan penjual, misal memanfaatkan beberapa situs seperti Amazon, eBay, Bukalapak dan lain-lain untuk menjual barang orang lain dan mendapatkan bayaran untuk setiap barang yang laku terjual.

10.Software Designer

Mendesain sebuah perangkat lunak bisa juga menjadi pekerjaan yang menjanjikan jika perangkat lunak yang dibuat adalah perangkat lunak yang cukup besar. Namun jika sobat pandai masalah bahasa pemrograman, membangun sebuah perangkat lunak bisa sangat menguntungkan.

11. Android Developer

Seperti yang kita ketahui pada masa sekarang ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah banyak mengubah kehidupan manusia, saat ini smartphone sudah menjadi pendamping hidup yang perlu bagi sebagian orang dan keuntungan dibalik ini adalah kita bisa memanfaatkan dan mencari keuntungan dari hal ini. Dengan membuat aplikasi android yang diperlukan kebanyakan orang sobat bisa mendapatkan keuntungan darinya, entah dengan membuat aplikasi berbayar ataupun dengan memanfaatkan iklan yang bisa dipasang pada aplikasi tersebut.

12. SEO Manager

Nah untuk yang satu ini sepertinya banyak orang yang memerlukannya, pasalnya seorang SEO (search engine optimization) Manager akan meningkatkan popularitas dari sebuah website atau blog dan hal inilah yang diperlukan bagi sebuah perusahaan atau pihak tertentu yang ingin mengembangkan publikasinya. Untuk sobat yang punya keahlian dalam meningkatkan perayapan mesin pencari terhadap sebuah situs akan sangat dicari oleh beberapa kalangan.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool