Monday, October 10, 2016

13 Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Beberapa Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Nah, dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai beberapa hal yang cuma dirasakan oleh orang-orang yang gemar membaca buku novel, apakah anda salah satu diantaranya? Berdasarkan pengalaman saya, sebagian orang merasa kalau membaca novel adalah hal yang cuma membuang-buang waktu, atau buat apa baca novel yang semua isinya lebay dan sebagian yang lain juga ada yang bilang seperti ini, buku apa ini, isinya tulisan semua.

Heheh, tapi perlu sobat ketahui kalau tidak semua novel punya cerita yang dramatis, romantis, bikin baper alias bawa perasaan, ada juga beberapa novel yang ceritanya benar-benar menyentuh sisi kemanusiaan seseorang bahkan ada pula yang membuat kita menyadari Kebesaran Tuhan.

Orang yang gemar membaca novel memiliki beberapa kelebihan dibandingkan orang biasa, selain kosa kata orang yang gemar membaca lebih banyak dibandingkan orang biasa pembaca novel juga mempunyai perasaan yang lebih peka terhadap sekelilingnya. Akan tetapi berikut ini beberapa hal yang cuma dirasakan oleh orang yang gemar membaca novel.

1. Membaca novel pengantar tidur


Beberapa Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Kalau hal ini ada beberapa orang yang bilang itu mah bukan cuma penggemar novel yang merasakan, orang biasa kalau baca novel trus mengantuk itu wajar. Tetapi perlu sobat ketahui perbedaannya, penggemar novel mengantuk membaca novel biasanya karena terlalu serius dalam membaca sedangkan orang biasa mengantuk mungkin karena tidak mengerti ceritanya atau bosan heheh. Tetapi novel kadang menjadi obat tidur yang sangat ampuh.

2. Berhemat demi novel incaran

Seperti kata pepatah, hemat pangkal kaya, inilah yang dilakukan para pecinta novel, berhemat meminimalisir pengeluaran demi membeli novel yang selama ini di idam-idamkan. Hal ini mungkin sama saja dengan yang dilakukan kebanyakan orang tetapi hanya penggemar novel yang akan menghemat uangnya demi buku.

3. Bersemangat untuk menulis cerita sendiri

Ada satu penyakit yang suka kambuh pada orang-orang yang gemar membaca novel setelah membaca novel, yaitu akan tiba-tiba menjadi orang yang puitis dan akan punya keinginan untuk menulis, umumnya mereka ingin menulis cerita yang berhubungan dengan diri sendiri entah itu pengalaman pribadi atau bahkan cerita yang benar-benar fokus membahas diri sendiri yang biasanya terinspirasi dari cerita novel yang dibaca.

4. Merasa lebih hidup di dalam novel


Beberapa Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Saat sudah mendalami cerita dan sudah cukup sering serius membaca suatu novel maka seorang pembaca novel biasanya akan merasa lebih hidup dalam novel dibandingkan di dunia nyata. Jika seorang penulis pandai membawakan cerita maka seorang pembaca bisa saja merasa benar-benar hadir dalam cerita novel itu serta benar-benar terlibat dalam setiap penggal kisah di dalamnya.

5. Alur cerita dan tokohnya bikin baper


Beberapa Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Nah ini dia yang menurut beberapa orang lebay. Pernah tidak melihat seseorang menangis, tertawa, kagum, kaget, dan ekspresi lainnya yang dialami saat sedang membaca novel? Orang yang mengalami hal ini biasanya disebut bawa perasaan alias baper.

6. Terinspirasi banyak hal setelah baca novel

Umumnya setelah selesai membaca satu novel seseorang akan cenderung mengikuti apa yang sudah ia baca dari novel tersebut, entah tokoh yang ia kagumi atau cara berpikir yang diperoleh dari novel. Biasanya seseorang akan terinspirasi beberapa hal yang ia pahami dari novel yang telah ia baca.

7. Mengutip kata-kata terbaik dari novel

Salah satu hal yang umum dilakukan oleh seseorang setelah membaca sebuah novel adalah mengutip kata-kata atau bagian yang paling menarik dari novel yang dibaca. Biasanya setelah itu akan di posting pada beranda media sosial.

8. Perbendaharaan kata menjadi lebih banyak

Tentu saja orang yang gemar membaca akan memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak pasalnya akan banyak kata-kata baru di ketahui setelah membaca 2-3 buku. Inilah salah satu dampak positif yang diperoleh dengan sering membaca novel.

9. Lebih pandai berkata-kata

Dengan meningkatnya perbendaharaan kata yang dimiliki seseorang maka biasanya orang tersebut akan menjadi lebih pandai dalam merangkai kata yang baik dan benar serta biasanya dituangkan dalam bentuk tulisan, entah itu chatting kepada seseorang atau dalam status media sosial.

10. Suka mengumpulkan novel tapi belum dibaca


Beberapa Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Inilah salah satu penyakit yang di miliki oleh orang-orang yang gemar membaca novel, adalah senang mengumpulkan novel entah itu meminjam atau membeli dari toko buku akan tetapi novel-novel tersebut butuh waktu yang sangat lama untuk selesai terbaca, bukan karena novel tersebut memiliki cerita yang sangat panjang melainkan novel tersebut dikumpulkan untuk dibaca di kemudian hari yang entah kapan itu.

11. Kagum bagaimana si penulis bisa memikirkan cerita itu

Lebih tepatnya seorang pembaca novel biasanya akan kagum pada orang yang menulis novel tersebut kendati kagum dan heran tentang pemikiran si penulis yang begitu cerdas merangkai cerita hingga menciptakan kisah yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya serta bisa menggugah hati dan pemikiran seseorang.

12. Membaca novel pinjaman dengan target tertentu


Beberapa Hal Yang Cuma Dirasakan Pembaca Novel

Seorang yang gemar membaca novel biasanya pasti pernah melakukan pinjam meminjam antara sesama penggemar novel. Namun ada satu hal yang seringkali menjadi kekurangan sistem pinjam-meminjam ini yaitu biasanya di targetkan harus di kembalikan pada hari ke sekian akibatnya orang yang meminjam tentu harus menyelesaikan membaca novel tersebut sesegera mungkin.

13. Mampu membaca ratusan halaman dalam sehari

Saat sudah sangat tertarik dengan novel yang dibaca, seorang pembaca novel biasanya akan mampu menyelesaikan membaca sebuah novel yang tebalnya ratusan halaman dalam waktu satu hari bahkan kurang dari itu. Kemampuan inilah yang biasanya jarang dimiliki oleh orang selain penggemar novel karena tentunya tidak mudah membaca ratusan halaman kurang dari 24 jam kecuali dia memang penasaran untuk terus membacanya.

Mungkin cukup sekian dari saya tentang beberapa hal yang cuma dirasakan oleh orang-orang yang gemar membaca novel. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat sampaikan baik berupa saran kritik maupun komentar lain, silakan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool