Sunday, October 9, 2016

Mengapa Google Drive Tidak Bisa Lagi Hosting Web?

Mengapa Google Drive Tidak Bisa Lagi Hosting Web?

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Saat ini Google telah melakukan pembaruan pada salah satu bawahannya, Google Drive, terhitung sejak akhir bulan Agustus, Google Drive telah mematikan fitur hosting web didalamnya, apa artinya itu? Sekarang sobat tidak akan bisa lagi menyimpan kode CSS dan JavaScript pada Google Drive kemudian dihubungkan ke website atau Blogger. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ternyata usut punya usut dengan banyaknya bermunculan beberapa hosting web-hosting web yang lain Google Drive memutuskan untuk mundur, bukan karena Google tidak mampu bersaing akan tetapi lebih memilih memfokuskan Google Drive itu sendiri pada visi dan misi utamanya. Beberapa pengguna menerima email dari G Suite, mungkin sobat juga menerimanya. Isi dari pesan tersebut ialah sebagai berikut.

Hello from Google,

We announced last year that we’re deprecating web hosting in Google Drive for users and developers. Our records show that you might have used this feature to publish a webpage or serve other web assets.

On Aug 31, 2016, we will discontinue serving content via googledrive.com/host/[id] and the webpages will not be accessible anymore.

As an alternative to web hosting in Drive, we recommend:

Blogger—An easy and free way to host websites.
Firebase Hosting— An alternative if you’re using the web-hosting feature to serve static webpages with items on Drive.
If you have additional questions or need assistance, please contact Google Support.

Sincerely,
The Google Apps Team

Mendengar kabar ini saya sempat kecewa dengan keputusan Google namun dibalik itu saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas jasa Google Drive selama ini pernah menjadi hosting untuk Maringngerrang Blog. Namun sobat mungkin bertanya, sekarang dimana saya akan mendapatkan hosting web yang baik dan tidak sombong? Nah, saya menyarankan kepada sobat untuk menggunakan GitHub sebagai hosting web dengan beberapa alasan. Pertama GitHub adalah situs besar yang terpercaya. Kedua link yang digunakan bisa menggunakan nama web/nama kita. Ketiga penggunaannya mudah. Untuk cara penggunaannya silakan Pelajari lebih lanjut.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool