Saturday, October 8, 2016

Beginilah Tampilan Website Pertama di Dunia

Beginilah Tampilan Website Pertama di Dunia

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Perkembangan jaman telah memberikan banyak kemajuan dalam peradaban hidup umat manusia. Banyak hal-hal yang berkembang pesat menjadi jauh lebih canggih dari yang pernah manusia bayangkan sebelumnya, baik dari segi teknologi, ilmu pengetahuan, dan berbagai sistem dalam kehidupan ini.

Jika membahas tentang perkembangan jaman, satu pemeran utama yang tidak bisa diabaikan adalah internet. Jaringan yang mampu menghubungkan berbagai perangkat ke semua pelosok bumi, bahkan ke tempat yang mungkin belum tersentuh manusia sekalipun.

Jaringan internet yang dipenuhi dengan berbagai website (halaman situs) menjadi amat beragam dan bervariasi sebab keleluasaan setiap penggunanya untuk mengubah dan mengganti tampilan sesuai dengan bahasa pemrograman website yang digunakan. Oleh karena itulah hingga saat ini berbagai macam tampilan website dapat tersaji di depan kita semua, bisa dikatakan nyaris setiap website memiliki tampilan yang berbeda satu sama lain.

Namun disamping itu, apakah pernah terpikir dalam benak kita tentang hal-hal yang telah jauh tertinggal di belakang kita, seperti jaman prasejarah bahkan jaman kuno, dimana banyak hal berjalan dengan amat sederhana, setiap yang kita lihat saat ini pasti memiliki masa awal dimana keadaan dan penampilan hal tersebut mungkin jauh berbeda dengan yang ada saat ini.

Misalnya, jika kita bayangkan tentang perkembangan halaman situs-situs di internet, kira-kira seperti apakah awal mula dari seluruh situs di dunia? Seperti apakah kelihatannya situs pertama di internet yang berhasil diciptakan oleh manusia dan siapakah orang yang menciptakannya itu!?

Website pertama yang dibuat adalah pada alamat http://nxoc01.cern.ch yang dibuat oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee pada tanggal 6 Agustus 1991 serta htttp://nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html merupakan halaman web pertama yang dibuat. Namun saat ini situs tersebut sudah tidak bisa lagi di akses dan di alihkan ke https://www.w3.org/History/19921103-hypertext/hypertext/WWW/TheProject.html.

Beginilah Tampilan Website Pertama di Dunia

Sir Timothy John menggunakan komputer NeXTcube sebagai server webnya dan server itu juga merupakan server pertama di dunia. Selanjutnya, beliau mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology dan sampai sekarang masih ada. Karya beliau yang sangat besar yaitu World Wide Web masih dapat kita rasakan saat ini karena karyanya itu tidak beliau patenkan. Karena jasanya itu, Sir Tim Berners-Lee mendapat gelar kehormatan KBE dari Ratu Elizabeth II pada tanggal 16 Juli 2004.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments