Friday, October 21, 2016

Ceramah tentang Sedekah

Ceramah tentang Sedekah

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Bismillahirrohmanirrohiim... asshalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya’i wa mursalim, wa’ala ‘alihi, wa ashabihi, aj(e)ma’in  amma ba’ad

Prtama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat Ia kita dapat berkumpul di tempat ini. Salawat serta salam kita hanturkan atas junjungan kita Muhammad SAW, keluarga, sahabat, serta orang-orang yang senantiasa mengikuti mereka hingga hari kiamat kelak.
Pada kesempatan kali ini, saya membawakan ceramah yang berjudul “keutamaan-keutamaan sedekah”. Sedekah berarti pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlahnya, dalam bentuk kebajikan dan mengharap rido Allah. Sebagaimana sabda Rosulullah yang diriwayatkan oleh Imam baihaqqi yang artinya  “setiap perbuatan baik adalah sedekah”

Sedekah itu bnyak contohnya. Contoh sedekah yaitu seperti sedekah senyum, sedekah dengan uang, dan sedekah dengan waktu. Tahu tidak contoh sedekah dengan waktu itu apa? Ya, contoh sedekah dengan waktu itu seperti shalat dhuha. Kenapa? Karena pada waktu pagi hari merupakan saat dimana semuanya sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Namun, ditengah kesibukan itu, ia bisa menyedekahkan waktunya untuk Allah dalam bentuk shalat 2 rakaat.

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, berikutnya saya akan menjelaskan beberapa manfaat dari sedekah. Apa saja kah itu? Yang pertama, sedekah menjadi penyebab utama bertambahnya rejeki seseorang. Dalam surah Al-baqarah ayat 261 dijelaskan bahwa “perumamaan orang yang menyedekahkan hartanya di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, lalu pada tiap tangkai akan tumbuh seratus buah. Allah akan melipat gandakan bagi siapa saja yang dia hendaki, dan Allah maha luas, maha mengetahui.” Jadi, jangan menghitung pakai kalkulator dirumah yah coba deh pinjam kalkulatornya Allah pasti dibalas tidak pakai lama tidak pakai Insyaallah. Masih belum percaya? Kalian kenal tidak sama sahabat Rasulullah yang namanya Umar Bin Khattab, Usman Bin Affan dan Abdulrahman Bin Auf? Mereka itu sudah menyedekahkan hartanya hampir dari seluruhnya. Tapi, apa yang terjadi? Apa harta mereka berkurang? Tidak. Malah sebaliknya. Yang ke-dua, sedekah menjadi penyebab diangkatnya derajat seseorang “Allah akan memuliakan bagi hambanya yang pemaaf. dan bagi hambanya yang tawadhu karena Allah, Allah akan mengangkat derajatnya” (HR. MUSLIM). Yang ke-tiga, dengan bersedekah kita sudah meningkatkan dan menjaga harta kita. Yang ke-empat, dengan bersedekah kita sudah membuat malaikat sibuk di pagi hari karena mendo’akan kita “pada waktu pagi hari 2 malaikat akan turun kepadanya. 1 malaikat berkata Ya Allah,berilah hamba kepada orang-orang yang menginfaqkan hartanya itu. Dan malaikat yang lain pun berkata Ya Allah binasakan lah orang-orang yang bakhil itu (HR. Mutafaq Alaihi). Jadi hebat kan? Dengan bersedekah saja kita sudah membuat malaikat di pagi hari sibuk mendoakan kita. Yang ke-lima, menjadi amal jariah yang tidak akan pernah putus. Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan sedekah. Jadi, sedekah itu bukan mengurangi namun ia menambah harta kita. Jadi, apapun yang kita beri, itu juga yang kita terima. Sedekah dengan senyum, dapatnya senyum. Sedekah dengan do’a, dapatnya do’a. Sedekah dengan dengan duit, dapatnya duit dari Allah, senyum dari penerima, dan do’a dari para malaikat. Tinggal pilih saja mau paket yang mana. Ingat! Uang bukanlah segala-galanya. Jadi sedekah  itu bisa berupa berlian, kalung emas, mobil, motor, serta kartu ATM beserta PIN-nya. Mudah kan?

Akhir kata marilah kita lebih menggiatkan sedekah. Mau terang-terangan ataupun secara sembunyi-sembunyi tetap afdhol. Tapi, jangan diam-diam tidak bersedekah. Kurang lebihnya mohon dimaafkan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool