Friday, October 21, 2016

Cara Menampilkan PDF di Posting Blogspot

Mugiwara no Luffy Wallpaper

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Nah, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara menampilkan file PDF di postingan blogger. Pada dasarnya, menampilkan file PDF ini sama saja dengan menampilkan video youtube di sebuah halaman, sobat hanya memerlukan tag tertentu kemudian menyertakan sumber untuk objek yang ingin di tampilkan.

Untuk menampilkan file PDF di halaman posting blogger, pertama-tama yang sobat perlukan adalah mengunggah file PDF tersebut ke file hostinger manapun, disini saya menggunakan Google Drive. Jadi pertama-tama buka Google Drive setelah itu upload file PDF yang ingin sobat tampilkan di blog, setelah itu atur privasinya dengan cara klik kanan lalu pilih Bagikan.


Kita akan mengatur privasi dari file PDF tersebut, ubah siapa saja yang dapat mengakses file tersebut, klik Ubah seperti pada gambar dibawah.


Atur privasinya menjadi Publik.


Setelah itu klik kanan lagi file PDF tadi kemudian pilih Pratinjau.


Setelah itu klik menu opsi yang ada pada ikon titik tiga di sudut kanan atas, lalu pilih Buka di jendela baru.


Kemudian pada tab baru yang terbuka klik lagi menu opsi yang ada di sudut kanan atas kemudian pilih Sematkan item.


Setelah itu silakan paste kode yang sobat dapatkan ke posting blog sobat dalam mode penulisan HTML. Contoh kodenya seperti berikut ini.

<iframe src="https://drive.google.com/file/d/0B7vNW-OW63RYUFA1S25IeFlBZkU/preview" width="640" height="480"></iframe>

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool