Tuesday, October 18, 2016

Cara Membuat Autoresponder di Gmail

Cara Membuat Autoresponder di Gmail

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara membuat pesan balasan email secara otomatis (autoresponder mail) di Gmail. Sobat mungkin pernah mendapatkan beberapa alamat email yang ketika dikirimkan sebuah pesan maka beberapa saat kemudian balasannya sudah ada, misalnya balasan terima kasih, dimana pesan tersebut sebenarnya tidak dikirim oleh pemilik alamat email melainkan seperti halnya pada telepon rumah, mesin penjawab otomatis, yang dalam persuratan elekronik disebut autorespond.

Google Mail dilengkapi dengan fitur autorespond, yang disediakan umumnya untuk memberitahukan bahwa pemilik alamat email tidak dapat menjawab pesan saat itu, sedang berlibur contohnya. Nah, untuk sobat yang ingin menggunakan fitur autorespond ini bisa mengikut langkah-langkah berikut.

Pertama-tama buka Gmail lalu sign in menggunakan akun sobat. Setelah itu klik tombol dengan ikon Gear dibagian sudut kanan atas lalu pilih Setelan atau Settings.


Kemudian temukan Penjawab kala libur atau Vacation responder kemudian aktifkan. Atur Hari pertama (first day) kapan fitur autorespond ingin sobat mulai diaktifkan, jika ingin mengaktifkan sekarang pilih tanggal hari ini. Kemudian jika sobat ingin autorespond tetap aktif sampai waktu yang tidak ditentukan jangan centang pada bagian Tanggal terakhir (last day). Setelah itu isi Subjek untuk pesan autorespond dan dibawahnya isi dengan pesan yang ingin sobat sampaikan pada saat seseorang mengirim pesan ke alamat email sobat. Jika sobat ingin autorespond hanya diberikan pada alamat email tertentu saja silakan atur pada kotak centang yang ada dibawah Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya atau Only send a response to people in my Contacts. Setelah selesai tekan Simpan.


Selanjutnya silakan sobat coba mengirimkan sebuah pesan ke alamat email yang telah sobat pasangkan autorespond dengan menggunakan alamat email yang lain dan lihat apakah sebuah pesan balasan terkirim ke email pengirim!?

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool