Friday, October 21, 2016

Alasan untuk Bicara

Gedung BPD Kabupaten Pinrang

Sabtu adalah hari yang unik. Menurut saya setiap sabtu adalah hari yang unik, hari dimana saya berbicara dengan cara yang lebih akrab dari biasanya. Momen seperti itu selalu memberikan kesan yang menyenangkan bagi kami.
Selamat malam, mungkin beberapa diantara kalian merasa hari ini adalah hari yang sama dengan kemarin dan kemarinnya lagi, namun beberapa yang lain juga merasa hari ini hari yang berbeda dari kemarin bahkan esok. Saya adalah salah satunya, 21 bulan sebelum hari ini selalu mengingatkanku tentang masa SMA yang penuh kekonyolan dan keluguan.

Dalam budaya orang Bugis terdapat dua jenis kata ganti orang kedua, yang formal dan informal, "ki" dan "ko". Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kedua kata ganti tersebut, dapat menunjukkan siapa dan seberapa dekat. Menurut saya semakin akrab semakin saya memanggilnya dengan sapaan kedua, "Pole kega ko?". Terkadang hal semacam itu membuat saya berpikir, apa yang lebih akrab dari akrab itu sendiri? Dan mungkin jawabannya adalah negasi dari akrab bahkan mendekati tidak kenal. Karena itulah sekarang saya tidak bisa menggunakan kata ganti yang sama terhadap orang yang sama. Entahlah, apanya yang berbeda, dia, saya, keadaan, atau waktunya, namun perbedaan itu yang membuat semuanya berubah.

Tapi sudahlah, bukan itu yang akan ku bicarakan, tapi tentang memendam. Menurut kalian memendam itu bagaimana? Baik atau tidak? Kebanyakan pasti menjawab tergantung, ada beberapa hal yang memang harus di pendam dan ada yang sebaiknya di ungkapkan. Tetapi sebagian juga mungkin ada yang bertanya hal semacam apa yang ingin di pendam atau di ungkapkan itu!? Sebagian besar remaja jaman sekarang refleks akan berpikiran tentang perasaan suka terhadap lawan jenis yang di pendam dengan berbagai alasan yang drama. Namun itu hanyalah subset dari yang saya maksud sebenarnya, melingkupi segala hal, menurut saya jika itu bisa diungkapkan kenapa tidak!? Toh jujur itu lebih baik, meskipun mengungkapkan tentang hal yang buruk namun dengan menggunakan cara yang unik dapat memberikan kesan yang berbeda bukan!?

Dear himawari, terima kasih atas obrolan singkat hari ini. Obrolan yang ternyata lebih akrab dari akrab itu sendiri dan kuharap nanti kamu akan mengingatkanku lagi tentang hari sabtu. Sampai jumpa.
Disqus Comment
Parse Tool