Wednesday, September 21, 2016

8 Postingan Medsos yang Harus Dihindari

Beberapa Postingan Sosial Media yang Sebaiknya Dihindari

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang beberapa informasi data pribadi yang sebaiknya tidak dibagikan di sosial media. Seperti yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, sosial media seperti sudah menjadi hal yang tidak bisa terpisahkan dari manusia. Akan tetapi perlu sobat ketahui bahwa tidak semua informasi boleh dan baik untuk dibagikan di sosial media, berikut ini beberapa informasi yang sebaiknya tidak sobat bagikan di sosial media demi menjaga keamanan sobat.

1. Foto Boarding Pass dan Struk Belanja/ATM

Beberapa Postingan Sosial Media yang Sebaiknya Dihindari

Biasanya banyak orang yang senang memotret dan membagikan foto boarding pass penerbangan ataupun foto struk belanjaan atau struk ATM. Foto-foto semacam ini sebaiknya tidak sobat bagikan, karena beberapa orang yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan informasi yang terdapat didalamnya terkhusus pada barcode yang terdapat pada kartu boarding pass untuk melakukan tindak kejahatan.

Pada foto boarding pass seorang cyber crime bisa mendapatkan informasi pribadi sobat seperti jadwal penerbangan baik sebelum dan yang sudah dilakukan, nama penumpang, nomor telepon, nomor penerbangan, rute penerbangan, kode booking, sampai nomor frequent flyer. Sobat mungkin bertanya apa yang orang bisa lakukan dengan informasi itu, tetapi sobat mungkin tidak tau bahaya apa yang bisa mengintai dengan menyebarluaskan informasi seperti itu, alangkah baiknya sobat menghindari bahaya ketimbang menjadi lebih populer di sosial media karena sobat tidak akan bisa menjamin bahwa yang melihat postingan-postingan di akun sosial media sobat adalah teman dan orang yang sobat kenal saja.

Selain foto boarding pass, juga terdapat beberapa orang yang senang memposting foto struk belanja maupun struk ATM, struk sebaiknya sobat buang di tempat yang aman atau di simpan kalau mau karena dalam struk belanja seseorang bisa mengetahui apa dan berapa belanjaan sobat sedangkan pada struk ATM seseorang bisa mengetahui waktu transaksi di ATM, bahkan seseorang bisa memalsukan foto struk itu dan digunakan untuk melakukan tidak kejahatan, serta siapa yang tahu kalau dengan hal seperti itu pula seseorang bisa meng-hack isi rekening sobat, jadi sebaiknya sobat tetap berhati-hati.

2. Foto Bayi/Anak

Beberapa Postingan Sosial Media yang Sebaiknya Dihindari

Saya juga menyarankan kepada sobat untuk tidak membagikan foto-foto bayi atau anak sobat yang masih kecil apalagi jika disertai biodata/informasi mengenai si anak. Mengapa hal ini perlu di hindari? Beberapa kasus yang telah diberitakan menunjukkan bahwa beberapa kejahatan penculikan anak bersumber dari foto-foto dan informasi yang diperoleh melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram maupun path. Seringkali orang tua yang gemas dan tidak tahan ingin membagikan foto si buah hati tidak sadar bahwa hal tersebut bisa menjadi malapetaka bagi si orang tua terlebih bagi si buah hati. Jadi saran saya untuk sobat yang sudah punya anak (berhubung karena saya masih bujang heheh) tetaplah berhati-hati dengan berbagai tindak cyber crime atau kejahatan di dunia maya.

3. Lokasi Saat Ini (Geolocation)

Beberapa Postingan Sosial Media yang Sebaiknya Dihindari

Kadang terasa menyenangkan dan bangga membagikan kepada teman-teman di sosial media tentang dimana kita berada sekarang apalagi jika tidak semua teman kita bisa datang ke tempat tersebut, Si Beddu sedang di restoran bintang 5, Si Sappe sedang liburan di pantai Ammani. Meskipun hal tersebut bisa membuat kita lebih eksis akan tetapi sobat perlu berhati-hati memposting lokasi sobat berada serta memposting tentang riwayat perjalanan liburan sobat, selain itu juga hati-hati dengan foto yang otomatis menambahkan geolocation, karena pada (mungkin) semua ponsel cerdas (smartphone) saat ini sudah dilengkapi dengan fitur GPS.

4. Posting tentang Keadaan Rumah

Selain itu sobat juga perlu menghindari postingan di sosial media yang menginformasikan tentang keadaan rumah sobat, semisal membuat posting saya sedang sendiri dirumah #homealone atau menginformasikan bahwa rumah sobat sedang kosong atau informasi-informasi lain yang mungkin bisa di manfaatkan orang lain untuk melakukan kejahatan dan memasuki rumah sobat. Sobat juga sebaiknya mengingatkan kepada adik/anak sobat agar jangan pernah memposting bahwa ia sedang sendiri di rumah

5. Foto KTP

Saya sangat menyarankan pada sobat agar tidak sama sekali membagikan atau memposting foto yang menampilkan data dalam KTP sobat. Kenapa? Padahal kalau di perhatikan data yang ada pada KTP bisa dibilang cukup umum, tetapi berdasarkan pengalaman yang pernah saya dengar bahwa seseorang bisa memalsukan KTP sobat kemudian menggunakannya untuk melakukan tindak kejahatan maupun penipuan. Jadi harap jaga dengan baik informasi data diri sobat agar tidak jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Tanggal Lahir

Terasa menyenangkan saat beranda sosial media di penuhi dengan ucapan selamat ulang tahun dari teman dan keluarga. Sepertinya hampir semua sosial media meminta data tanggal lahir saat proses pendaftaran/sign up, tetapi sobat juga perlu hati-hati dalam membagikan informasi tentang tanggal lahir sobat, atau saya sarankan agar sebaiknya sobat hanya menyertakan tanggal serta bulan lahir saja sedangkan tahun lahir sobat tetap di rahasiakan karena bisa saja seseorang memanfaatkan data lengkap tanggal lahir untuk membuka rekening maupun akun penting lainnya, jadi tetaplah waspada.

7. Komentar Kasar

Sama seperti di dunia nyata, bergaul di dunia maya juga harus menggunakan etika, sobat seharusnya tetap bisa menjaga emosi dan menghindari memposting komentar kasar atau menggunakan kata-kata yang bisa saja menyinggung perasaan orang lain. Gunakanlah kata-kata yang ramah atau kalau sobat suka bisa menggunakan kata-kata yang humoris dan terkesan bercanda namun tidak mengindahkan maksud sebenarnya, tetapi tetaplah hati-hati menggunakan kata-kata sobat.

8. Informasi Lain yang Mungkin Membuat Sobat Menyesal

Sobat mungkin masih ingat dengan kata-kata Bang Napi "kejahatan terjadi bukan hanya karena adanya niat pelaku, tetapi juga karena adanya kesempatan, waspadalah... waspadalah... waspadalah..." kata-kata legend yang mungkin sangat bermakna dan perlu di renungkan, sebelum menyesal sebaiknya sobat memilah-milah mana informasi yang boleh di bagikan atau di posting dan mana juga yang sebaiknya tetap di rahasiakan. Lebih baik waspada sebelum menyesal.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool