Thursday, September 15, 2016

Apakah Langit Siang Tetap Memiliki Bintang?

Apakah Langit Siang Tetap Memiliki Bintang?

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Sebelum lanjut membaca mari kita nyanyi bareng dulu heheh.

"Bintang terlihat terang saat dirimu datang"
"Ku pertaruhkan semua ragaku demi dirimu bintang"
"Oh bintang bintang bawalah aku terbang tinggi bersamanya karena dia yang aku mau"
.

Dari tiga lirik lagu diatas saya khusus mencari yang ada kata bintang atau membahas tentang bintang karena pada posting kali ini saya akan membahas tentang benda langit yang menghasilkan cahayanya sendiri, bintang. Apakah sobat tahu di langit mana yang bintang mana yang bukan? Pertama-tama perlu saya tekankan bahwa bintang adalah benda langit yang bisa memancarkan cahaya sendiri, lalu mana yang bintang, matahari atau bulan? Kalau sobat bilang bulan perlu sobat ingat bahwa bulan hanyalah memantulkan cahaya matahari, jadi yang bintang adalah matahari, loh kok bintang besar sekali? Perlu sobat tahu juga kalau bintang tidak ada yang kecil. Jarak bumi dari bintang yang ada di luar angkasa bisa mencapai ratusan bahkan jutaan kilometer sehingga yang terlihat di langit hanya titik kecil berwarna putih, sebenarnya titik kecil itu berukuran sangat besar hanya saja jaraknya jauh.

Untuk sobat yang tinggal di daerah yang tidak terlalu ramai atau tidak ada banyak lampu, pasti sering melihat pemandangan alam yang luar biasa pada malam hari, ya bintang namanya. Benda langit yang menghasilkan cahaya sendiri ini mampu membuat langit malam menjadi sangat indah dan luar biasa.

Tapi pernahkah sobat berpikir!? Apakah ada bintang pada siang hari? Hanya saja tidak terlihat akibat sinar matahari!? Atau memang pada siang hari benar-benar tidak ada bintang!?

Sebenarnya pada malam hari maupun siang hari bintang tetap ada di langit yang kita lihat (karena sejauh apapun kita tetap menatap langit yang sama), hanya saja pada siang hari bintang tersamarkan oleh cahaya matahari yang begitu terang dan begitu lebih dekat terhadap bumi jadi bintang yang jauh tidak kelihatan akibat bintang yang lebih dekat dengan kita yaitu matahari.

Seandainya kita tetap bisa melihat bintang pada siang hari kita mungkin tetap bisa melihat beberapa rasi bintang yang berbeda yang pada nyatanya kita dapat melihat 1 rasi bintang setiap bulan yang saat ini sering orang-orang hubungkan dengan zodiac dan horoskop yang membahas tentang ramalan nasib manusia berdasarkan tanggal kelahiran yang sudah sejak lama dilakukan oleh para astrolog.

Namun saya ingin menyinggung sedikit, apakah sobat tahu perbedaan astronomi dan astrologi? Dua hal yang serupa namun sebenarnya tak sama. Singkatnya astrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bintang-bintang kemudian menghubungkan posisi benda langit dengan kehidupan manusia serta persitiwa masa depan, orang yang mempelajarinya disebut astrolog. Sedangkan astronomi meskipun juga ilmu tentang bintang serta digunakan untuk meramal tapi bedanya yang diramal adalah peristiwa yang terjadi di alam semesta serta menggunakan pendekatan fisika dan matematika serta dengan memanfaatkan ilmu kimia menghasilkan penemuan atau data tentang alam semesta. Jadi intinya astronomi ilmu bintang secara ilmiah sedangkan astrologi ilmu bintang yang dihubungkan dengan mitos dan kepercayaan.

Jadi mungkin itu saja pembahasan tentang bintang yang bisa saya berikan pada malam ini (entah sobat membaca tulisan ini malam atau siang hari) mungkin terdapat beberapa hal yang keliru dalam tulisan saya atau ada hal yang kurang jelas sehingga mengganjal di hati, jangan sungkan untuk berkomentar pada kotak dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Saya ucapkan terima kasih dan assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/12/apa-perbedaan-astronomi-dengan-astrologi
Disqus Comment
Parse Tool