Thursday, September 22, 2016

Apa itu suku dalam matematika?

Make silhouette photography

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Nah, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang apa itu suku dalam matematika. Dalam matematika suku terdapat dalam persamaan. Sebelum saya jelaskan, sobat perhatikan gambar berikut ini.


1. Suku

Perhatikan pada gambar diatas, setiap yang terpisahkan oleh operasi tambah merupakan suku. Jadi pada persamaan diatas terdapat 4 suku. Pada setiap suku bisa terdapat konstanta dan variabel. Lalu coba tentukan berapa suku pada persamaan berikut

Untuk menentukan banyaknya variabel, jika terdapat operasi pembagian sebaiknya kita ubah dulu menjadi bentuk yang terpisah-pisah dengan operasi tambah. Jadi bentuk lain persamaan diatas adalah


Jadi ada 2 suku pada persamaan tersebut. Tetapi kalau boleh tanya apakah yang terpisahkan dengan operasi kurang juga disebut suku!?. Ya tetap disebut suku, karena kita bisa membentuknya jadi operasi tambah, misal 3x-2, bisa dibentuk jadi 3x+(-2). Dalam bahasa inggris, suku matematika disebut terms.

2. Variabel

Variabel merupakan bilangan yang nilainya belum diketahui jadi bilangan itu kita tulis dengan huruf atau simbol yang nilainya bisa saja ditemukan atau tidak, variabel bisa digunakan untuk mewakili bilangan apapun pada sebuah persamaan, termasuk konstanta (jadi konstanta bisa berbentuk variabel). Kata variabel berasal dari kata vary (berbeda) dan able (dapat), jadi variabel adalah nilai yang bisa saja berubah-ubah.

3. Konstanta

Konstanta berasal dari kata konstan (constant) yang bisa diartikan tetap, jadi nilai sebuah konstanta jelas dan tetap serta tidak dipengaruhi unsur lain dalam persamaan.

4. Koefisien/Faktor

Koefisien adalah bilangan yang selalu berdampingan dengan variabel, jadi dimana ada koefisien disitu ada variabel, tetapi perlu juga sobat ketahui bahwa koefisien bisa saja berbentuk variabel. Sebuah koefisien hanya dipisahkan dengan operasi perkalian dalam sebuah suku. Tetapi kalau boleh tanya, apakah yang terpisahkan dengan operasi pembagian juga disebut koefisien!?. Jawabannya ya, karena kita bisa membentuk operasi perkalian dari operasi pembagian. Perhatikan persamaan berikut.


Jadi kita bisa membentuk operasi perkalian dari operasi pembagian karena perkalian dan pembagian saling berkebalikan/invers.

5. Pangkat

Pangkat adalah bilangan yang menunjukkan banyaknya perkalian berulang bilangan berpangkat dengan dirinya sendiri. 3 pangkat 4 artinya 3 yang dikali dengan 3 itu sendiri sebanyak 4 kali. Dalam matematika, pangkat juga bisa saja berbentuk variabel.

6. Persamaan & Pertidaksamaan

Sobat juga perlu mengetahui apa itu persamaan. Kalau tadi suku dipisahkan dengan operasi tambah, maka persamaan dipisahkan dengan operasi sama dengan. Jadi kalau ada sama dengan nya baru bisa disebut persamaan, saya singgung sedikit juga mengenai pertidaksamaan, pertidaksamaan hanya berbeda satu operasi dengan persamaan, yaitu operasi sama dengan diganti dengan lebih kecil atau sama dengan (≤) atau lebih besar atau sama dengan (≥) atau lebih besar (>) atau lebih kecil (<).

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments