Friday, August 5, 2016

Tips Mengatur Resolusi (DPI/PPI) Pengolahan Gambar Komputer

Tips Mengatur Resolusi (DPI / PPI) Pengolahan Gambar Komputer

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, nah pada posting kali ini saya akan membahas tentang tips mengatur resolusi ketika mengolah gambar di komputer, entah itu di Photoshop, CorelDRAW, Illustrator, ataupun perangkat lunak pengolah gambar yang lainnya.

Bagi seorang designer penting untuk mengatur resolusi gambar sebelum mengolahnya, hal ini bertujuan agar kualitas gambar yang dihasilkan sesuai dengan yang di inginkan. Tetapi sebelum itu sobat perlu mengetahui apa itu resolusi gambar, apa gunanya dan bagaimana mengaturnya.

Dalam pengolahan gambar digital/komputer dikenal istilah DPI dan PPI, DPI adalah singkatan dari Dots per Inch sedangkan PPI adalah singkatan dari Pixel per Inch. Apa perbedaannya? Jawabannya tidak ada, kedua istilah tersebut sama saja yaitu menunjukkan banyaknya pixel atau titik dalam satu satuan inchi pada sebuah gambar.

Ketika mengolah sebuah gambar, baik itu di photoshop maupun di perangkat lunak pengolah gambar lainnya sebaiknya sobat mengatur resolusi sebesar 300 dpi, agar kualitas gambar yang dihasilkan maksimal. Lalu apa perbedaan resolusi dpi dengan height x weight, sebenarnya sama hanya saja resolusi yang menampilkan ukuran height dan weight menunjukkan banyaknya pixel atau dots dihitung secara horizontal dan vertikal.

Namun ada kalanya sobat sebaiknya gunakan saja resolusi 72 dpi/dpp, mengapa? Misalnya sobat ingin menjadikannya foto profil facebook atau akun sosial media lain karena kebanyakan foto yang di upload di sosial media akan turun kualitas gambarnya, atau juga kalau misalnya sobat ingin mengunggah gambar dalam jumlah yang lumayan banyak serta tidak terlalu mementingkan kualitas gambar sebaiknya gunakan saja resolusi 72 dpi/dpp.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool