Wednesday, August 24, 2016

BPS Kabupaten Pinrang: Para Pencari Data

Para Pencari Data

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang sebuah perjalanan. Laiknya sebuah perjalanan seolah selalu memberitahu kita tentang sesuatu yang baru, memperlihatkan tempat yang baru ataupun memperkenalkan orang yang baru.

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Biasanya yang terbaik kita simpan untuk diri sendiri, tetapi orang-orang dari desa Latta, Kec. Lembang, Kabupaten Pinrang mengajarkan saya memberikan yang terbaik untuk orang lain. Sebuah kampung yang terletak dilereng sebuah gunung di Kecamatan Lembang, Pinrang. Desa yang ditempuh dengan perjalanan 2 jam dari ibu kota kabupaten Pinrang ini mempunyai pemandangan alam yang luar biasa dari ketinggian ratusan meter diatas permukaan laut. Dari tempat setinggi itu hampir seluruh bagian kabupaten Pinrang bisa terlihat dari puncaknya. Dari tempat setinggi itu pula tekanan udara yang berubah sepanjang perjalanan mengakibatkan sedikit gangguan telinga dan saluran pendengaran, hal wajar yang sering dialami ketika tekanan udara berubah.

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Meskipun berada cukup jauh dari dataran rendah tetapi desa Latta ini bukanlah tempat yang sangat terpencil, meskipun signal telepon genggam terbilang minim disini tetapi akses jalan masih bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, meski tentunya bukan sebarang kendaraan, selain harus kendaraan yang bertenaga tinggi dan bersubreaker kuat (off road) juga harus dikendarai oleh driver yang berpengalaman dan lincah. Ada banyak track yang bisa dibilang ekstrim untuk dilewati orang biasa, jalan yang bisa membuat siapa saja berakhir di jurang atau di rumah sakit.

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Sebuah pengalaman menyenangkan bisa berada di tempat yang terkenal akan air terjunnya ini, sejenak terlepas dari kehidupan anak kampus, perjalanan ke Air Terjun Latta Pitu menjadi hiburan tersendiri yang cukup menyenangkan untuk saya. Memang bukan perjalanan yang bisa dibanggakan atau dipamerkan kepada orang lain, tetapi hebat sesungguhnya itu ketika banyak yang bisa kita "bawa pulang".

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Tetapi dibalik perjalanan ini, menikmati pemandangan bukan sebuah tujuan utama, perkenalkan orang-orang yang ikut bersama saya, mereka-mereka ini adalah Para Pencari Data, kalian tahu kenapa disebut pencari data? Itu karena merekalah orang-orang yang menyediakan berbagai macam data penduduk, lingkungan, sosial, ekonomi dan sejumlah bidang lainnya, merekalah para pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pinrang. Gambar ini diambil dari salah satu kegiatan mencari data ubinan di sebuah desa di lereng gunung di kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Jadi mungkin bisa dibayangkan betapa pekerjaan mengumpulkan data bukanlah hal yang mudah dan bukan hal yang bisa di anggap enteng, dibalik berdigit-digit angka yang tertera diatas kertas, kita tidak pernah mengetahui seberapa besar perjuangan untuk memperoleh angka-angka tersebut.

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Latta Pitu BPS Kabupaten Pinrang

Lalu apa yang dikatakan para pencari data itu!?

Mencari data memang susah dan mahal, tetapi akan lebih susah dan lebih mahal jika membangun tanpa data.

Respect for everything you do. Serta melalui tulisan sederhana ini saya mengucapkan selamat bekerja dan sukses selalu untuk para pencari data yang ada di BPS Kabupaten Pinrang, terima kasih untuk pengalaman besar selama 2 bulan yang berharga itu, terima kasih kepada kepala kantor BPS Pinrang, Ir. H. Yunus yang selalu pandai mencairkan suasana kantor, terima kasih pula untuk segenap pegawai BPS yang sempat melihat saya magang disana, terlebih kepada kak Accung yang dengan senang hati berbagi banyak ilmu, kak Ocha yang selalu stand by saat pulsanya dibutuhkan, heheh, serta selalu pandai menyiapkan hidangan nikmat di kantor, serta semua pegawai yang akan terlalu panjang jika saya sebutkan satu per satu, I've learned a lot from all of you, thanks for everything and assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments