Tuesday, August 30, 2016

Menyembunyikan/Menampilkan Password Wifi yang Tersimpan

Menyembunyikan Password Wireless/Wifi yang Tersimpan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Salah satu hal paling populer dikalangan pengguna PC adalah menggunakan fitur jaringan nirkabel untuk dapat mengakses jaringan internet, yang biasanya disebut Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang kebanyakan terdapat di kafe, kantor, atau personal.

Kebanyakan orang yang memiliki jaringan Wifi sendiri kadang memiliki sifat egois dimana tidak ingin ada orang lain yang menggunakan jaringannya, ya itu memang benar, karena merupakan sebuah gangguan ketika kita mengakses jaringan yang kecepatannya sangat lambat.

Lalu bagaimana cara menyembunyikannya?

Salah satu cara yang digunakan kebanyakan orang agar jaringan tersebut tidak diakses sembarangan oleh orang lain yaitu dengan memberikan kata sandi pengaman untuk jaringan tersebut. Namun kata sandi tersebut masih dapat dilihat oleh orang lain dengan membuka properties jaringannya melalui komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan tersebut.

Lalu bagaimana jika seseorang menggunakan PC saya untuk mencari tahu kata sandi wifi saya?

Nah karena itulah pada posting kali ini saya akan membahas tentang cara melihat dan menyembunyikan kata sandi Wifi di PC. Klik link berikut untuk menuju ke bagian tersebut, Cara Melihat Sandi Wireless, Cara Menyembunyikan Sandi Wireless.

Cara Melihat Password Wireless (^)

Pertama-tama buka jendela koneksi jaringan komputer sobat. Pilih jaringan yang tersimpan, klik kanan dan pilih Properties.


Akan muncul tampilan jendela Wireless Network Properties. Sobat bisa melihat sandi jaringan wireless dengan memberi tanda centang pada Show characters.


Cara Menyembunyikan Password Wireless (^)


Cara ini akan menyembunyikan segala jenis kata sandi wireless yang terdapat pada komputer sobat. Pertama-tama buka regedit, lalu buka alamat HKEY_CLASSES_ROOT\AppID\{86F80216-5DD6-4F43-953B-35EF40A35AEE}. Setelah menemukan alamat tersebut, selanjutnya sobat harus melakukan backup terhadap key tersebut agar ketika ingin kembali mengakses kata sandi dapat sobat dapat dengan mudah kembali bisa melihat sandi tersebut. Klik kanan pada {86F80216-5DD6-4F43-953B-35EF40A35AEE} dan pilih Export. Simpanlah backup tersebut ditempat yang aman dan mudah sobat ingat.


Setelah itu kembali klik kanan {86F80216-5DD6-4F43-953B-35EF40A35AEE} dan pilih Permissions....


Setelah itu akan muncul jendela Permission, langsung klik Advance.


Pada jendela Advance Security Settings pilih tab Owner lalu beri tanda checklist pada Replace owner on subcontainers and objects, lalu klik OK. Sobat akan dikembalikan pada jendela Permission tadi, pilih OK.


Jika sobat bertanya-tanya "mengapa pada awal tutorial harus melakukan backup?" maka sekarang akan terjawab, karena selanjutnya sobat harus menghapus key {86F80216-5DD6-4F43-953B-35EF40A35AEE} tadi.


Setelah menghapusnya, periksa kembali Wireless Network Properties tadi, apakah sandi jaringan sobat dapat dilihat atau tidak. Jika Ya, maka sobat telah berhasil.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool