Monday, August 8, 2016

Menuju Lebih Selatan

Peta Sulawesi Selatan

Pinrang, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba. Satu lagi hal baru ku tau, urutan nama kabupaten di Sulsel yang segaris dengan pantai dari paling utara hingga paling selatan.

Kabupaten Pinrang
Ini dia salah satu satu dari beberapa kabupaten di Sulsel yang dominan menggunakan bahasa Bugis, ini adalah kota kabupaten tempatku besar dan menuntut ilmu sampai bangku SMA. Rumahku berjarak sekitar 25 km sebelah barat dari pusat kota kabupaten Pinrang. Kampung ku ini dibatasi oleh Bonne-Bonne sebelah timurnya, Ujung Tape sebelah selatannya, Wakka sebelah utaranya, dan dibatasi pantai selat Makassar di sebelah baratnya. Setiap hari di kampungku ini sunset selalu terbenam di ujung pandangan laut, itu pemandangan yang indah. Ammani Selatan.

Kota Pare-Pare
Satu-satunya kabupaten yang tidak ku tau sama sekali seluk-beluk jalanannya. Selain rumit karena banyak jalanan yang hanya satu jalur tetapi juga karena banyak sekali belokannya. Kota yang patut diakui lebih baik pembangunannya dari daerah-daerah lain disekitarnya ini adalah kota yang punya banyak tempat-tempat indah, selain karena di lewati banyak gunung juga karena pantainya cukup menawan.

Kabupaten Barru
Satu kesan yang paling umum untuk orang-orang yang pernah lewati kabupaten ini, panjaaaanng sekali. Mungkin Barru ini kabupaten terpanjang pertama di sulawesi selatan lalu kedua Pinrang. Perjalanan pulang kampungku selalu memakan waktu paling banyak tepatnya di kabupaten ini. Tapi biarpun begitu ada beberapa tempat di Barru yang memang menurutku patut diacungkan jempol. Salah satunya itu di pulau Dutungan. Pulau Dutungan ini pulau kecil pertama yang ku tempati bermalam, tapi biarpun pemandangannya indah ada beberapa yang mengecewakan dari orang-orang yang pernah ke tempat ini, banyak sekali sampah, waktu liburan di sana satu diantara kegiatanku adalah membersihkan sampah.

Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep)
Sebenarnya lama baru ku tau kalau Pangkep itu ternyata singkatan dari Pangkajene Kepulauan, sama seperti Sidrap, Sidenreng Rappang. Pangkep ini juga kabupaten yang paling makan waktu perjalanan yang kedua setelah Barru. Tidak banyak yang ku tau tentang Pangkep tapi yang pasti kalau pulang kampung ka selalu ku lewati Pangkep.

Kabupaten Maros
Mungkin dari semua tempat yang ku lewati kalau pulang kampung Maros adalah yang paling spesial, meskipun Maros adalah tempat macet pertama sebelum Makassar yang sering ku alami tapi tidak ada yang tidak kenal roti Maros. Roti isi selai khusus yang rasanya khas ini seringkali jadi buah tangan yang paling banyak diminta orang-orang di kampungku. Selain roti, tempat-tempat yang memanjakan mata juga banyak bisa ditemukan disana.

Kota Makassar
Tempat paling terkenal di kawasan Indonesia Timur, Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang dulunya bernama Ujung Pandang ini adalah tempat saya saat ini menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi negeri.

Kabupaten Gowa
Kabupaten yang bersebelahan dengan kota Makassar ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang menarik tidak terkecuali wisata pantai.

Kabupaten Takalar
Untuk kabupaten yang satu ini saya tidak mengenal banyak, satu hal yang paling saya ingat saya pernah singgah melaksanakan sholat dzuhur di masjid raya Takalar. Selain itu beberapa senior saya tinggal di Kabupaten Takalar.

Kabupaten Jeneponto
Yang terlintas saat mendengar Jeneponto untuk saya ada tiga hal, pertama kuda, kedua Irham, ketiga Anna. Kuda adalah ciri khas makanan yang sering di kasih jadi coto di kabupaten ini sedangkan kedua nama tersebut adalah nama teman saya.

Kabupaten Bantaeng
Nah, ini dia tempat paling selatan yang pernah kakiku injak di daerah Sulawesi Selatan, salah satu kabupaten yang tergolong cukup pesat kemajuannya bahkan hingga bupatinya dijuluki sebagai bupati terbaik yang mengembangkan sebuah daerah hanya dalam 5 tahun. Yang akan saya ingat dari tempat ini adalah dua buah nama, Firja dan Arli.
Disqus Comment
Parse Tool