Wednesday, August 10, 2016

Membuat Doodle Art di Photoshop

Membuat Doodle Art di Photoshop

Assalamualaikum, setelah cukup lama tertidur akhirnya blog ini terjaga dari tidur panjangnya. Untuk mengawali langkah pertama blog ini, dengan muka kusut dan mulut - ekspresi ngantuk - menguap saya akan membahas tentang salah satu teknik desain grafis yang cukup keren, yaitu doodle art.

Awalnya saya mengira bahwa membuat doodle art secara manual adalah sesuatu yang cukup rumit dan memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi, namun ternyata tidak juga kok, bahkan dapat dibuat melalui perangkat lunak Photoshop, yang terlihat seperti perangkat lunak dengan tingkat kesulitan tinggi, namun perlu anda ketahui bahwa Photoshop adalah sebuah perangkat lunak pengolah gambar yang cukup multifungsi dan mudah digunakan.

Meliput ke topik utama pembahasan posting ini, yaitu membuat doodle art, anda hanya memerlukan dua hal disini, yaitu :
- Photoshop (versi berapapun, saya menggunakan CS6)
- Gambar (download gambar tersebut)
Kemudian dengan menggunakan kreativitas seadanya kita akan membuat sesuatu yang cukup untuk di banggakan dan di perlihatkan kepada teman-teman.

Pertama-tama, buka Photoshop anda, lalu buka gambar - yang sebelumnya telah di simpan - dengan membuka menu File - Open atau CTRL + O pada keyboard.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Setelah itu buatlah sebuah teks dengan menggunakan Horizontal Type Tool atau dengan shortcut T pada keyboard. Lalu tulislah teks yang akan anda tambahkan pada doodle anda. (Saya sarankan gunakan font KB Reindeer Games, download disini).

Membuat Doodle Art di Photoshop

Kemudian dengan menggunakan menu Add a Layer Style tambahkan efek Stroke.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Kemudian atur Size hingga 28 dan color dengan warna putih seperti gambar berikut kemudian klik OK.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Setelah itu klik kanan pada bagian layer FAKTOR14L - nama layer tersebut disesuaikan dengan teks yang telah di tulis sebelumnya - lalu pilih Duplicate Layer..., lalu beri nama layer tersebut sesuai keinginan anda - disini saya tidak mengganti namanya, sehingga layer baru akan bernama FAKTOR14L copy.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Pastikan layer FAKTOR14L copy berada dibawah layer FAKTOR14L dan jika tidak silahkan drag dan letakkan di bawahnya hingga seperti tampilan berikut ini.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Kemudian dengan pilihan aktif pada layer FAKTOR14L copy - ditandai dengan adanya highlight pada layer FAKTOR14L copy - kembali klik menu Add a Layer Style lalu pilih Stroke. Setelah itu ganti dengan warna #201e1e dan ukuran 48 lalu klik OK.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Selanjutnya blok semua layer yang ada dengan cara tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard lalu klik pada layer hingga semuanya tertandai. Klik kanan pada salah satu layer lalu pilih Merge Layers dan akan tersisa satu layer pada akhirnya.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Kemudian klik kanan pada Eraser Tool dan gunakan Magic Eraser Tool, setelah itu klik bagian yang berwarna putih pada Doodle yang telah di buat tadi. Hingga hasilnya seperti berikut ini.

Membuat Doodle Art di Photoshop

Sekian dari saya, jika ada pertanyaan, saran maupun kritik, sampaikan di kotak komentar dibagian paling bawah halaman ini atau melalui page Contact. Terima kasih
Disqus Comment
Parse Tool