Monday, August 8, 2016

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pinrang

Logo BPS

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, sobat tau BPS tidak? Hah BPJS? Bukan, BPJS itu adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sedangkan BPS adalah Badan Pusat Statistik. BPS adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden BPS merupakan salah satu lembaga pemerintah yang berurusan dengan bidang kestatistikaan mengumpulkan dan mengolah data statistik bahkan hingga ke data tingkat desa/kelurahan.

Ada apa dengan BPS?

Kantor BPS adalah tempat PKL (praktik kerja lapangan) yang menyenangkan. Menyusun KCA, membuat cover buku statistik, mengatur blok hasil Sensus Ekonomi 2016 dan masih banyak lagi. Pegawai-pegawai di kantor BPS ramah.

Kegiatan BPS

Badan Pusat Statistik mempunyai kegiatan besar yang dilaksanakan beberapa tahun sekali, pertama Sensus Ekonomi dilakukan setiap 10 tahun sekali yaitu pada tahun yang angka terakhirnya adalah 6. Kedua Sensus Penduduk yang dilakukan setiap tahun yang berakhiran angka 0. Dan ketiga Sensus Pertanian yang dilaksanakan setiap tahun yang berakhiran angka 3.

Data yang Dihasilkan

Berikut data yang di hasilkan oleh BPS, Inflasi, PDB dan Pertumbuhan Ekonomi, Ekspor, Impor, Kependudukan, Ketenagakerjaan, Upah Buruh, Nilai Tukar Petani, Inflasi Perdesaan, dan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian, Harga Pangan, Indeks Harga Produsen dan Indeks Harga Perdagangan Besar, Indeks Tendensi Bisnis dan Konsumen, Produksi Tanaman Pangan, Pertumbuhan Produksi Industri Manufaktur, Pariwisata, Transportasi Nasional, Kemiskinan, Rumah Tangga Usaha Pertanian, Rumah Tangga Petani Gurem, Jumlah Petani, Rata-Rata Luas Lahan ang Dikuasai, Populasi Sapi dan Kerbau, Posisi Tingkat Harga dan PDB Indonesia di Asia Pasifik dan Dunia Berdasarkan Hasil International Comparison Program (ICP), serta Indeks Kebahagiaan.
Disqus Comment
Parse Tool