Monday, July 25, 2016

Membuat Caption/Tooltip Sederhana di Posting Blogger

Cara Membuat Caption/Keterangan Teks di Posting Blogger

Caption dalam bahasa Inggris dapat diartikan keterangan. Untuk lebih jelasnya caption biasanya muncul untuk memberikan keterangan pada gambar, menampilkan kegunaan dari suatu tombol atau pun arti kata pada teks. Fungsi caption hampir sama dengan footnote, perbedaannya terletak pada letaknya, footnote terletak di bagian paling bawah dari halaman, sedangkan caption terletak berdampingan dengan apa yang akan diterangkan/dijelaskan. Pada sistem kode HTML caption dapat dibuat dengan menggunakan atribut tittle.

Beberapa saat yang lalu saya membuat posting yang menggunakan atribut tittle untuk menampilkan keterangan dari teks yang mungkin kurang dimengerti pembaca. Saya menggunakan caption agar pembaca tidak pusing (alias malas membaca) dengan deretan teks yang terlalu panjang saling sambung menyambung. Cukup mengarahkan kursor pada teks yang kurang dimengerti maka penjelasan mengenai teks tersebut akan ditampilkan.

Suatu hari Amirullah terjatuh ketika mengenakan terompah yang diberikan kakeknya. Kakeknya adalah salah seorang pekerja di sebuah perusahaan pembuatan tapal gigi, meskipun demikian kakeknya sering menderita penyakit pada buah piggang. Amirullah atau yang biasa dipanggil Ulla senang bermain bersama adiknya di dangau milik kakeknya, atau mengarungi sungai dengan sebuah biduk kecil. Hidupnya sangat bahagia.

<span title="Keterangan">Teks disini.</span>

Tempatkan kode tersebut pada posting blog dalam mode penulisan HTML (kode diatas tidak akan kacau ketika anda menulis posting dalam mode Compose, jadi tenang saja), silahkan ganti tulisan keterangan pada atribut tag HTML dan teks sesuai dengan yang anda inginkan.

Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan, saran maupun kritik, sampaikan di kotak komentar dibagian paling bawah halaman ini atau melalui page Contact blog ini. Terima kasih. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments