Saturday, June 25, 2016

Membuat Textbox Hanya Bisa Input Angka Visual Basic 6.0

Membuat Textbox VB6 Hanya Bisa Input Angka

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, nah dalam posting kali ini saya akan kembali membahas tentang Visual Basic 6.0 atau yang biasa disebut VB6. Kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara agar textbox yang kita buat di VB hanya bisa di input angka.

Pada dasarnya kita menggunakan fungsi KeyPress untuk mengatur nilai setiap fungsi keyboard dengan KeyAscii. Supaya lebih dipahami, langsung saja berikut ini caranya.

Pertama-tama buatlah sebuah project yang berisi sebuah form dengan sebuah textbox didalamnya. Sederhana saja, kurang lebih seperti gambar berikut ini.

Membuat Textbox VB6 Hanya Bisa Input Angka

Setelah itu double click pada textbox tersebut untuk mulai memasukkan kodenya. Kemudian ganti Procedure text1 dari Change menjadi KeyPress.

Membuat Textbox VB6 Hanya Bisa Input Angka

Selanjutnya masukkan kode berikut kedalam perintah KeyPress tersebut.

If KeyAscii = 8 Then
    KeyAscii = 8
ElseIf KeyAscii < 48 Or KeyAscii > 57 Then
    KeyAscii = 0
End If

Setelah itu jalankan dan lihat hasilnya, coba ketikan selain angka pada keyboard, seharusnya tidak ada apa-apa yang tertulis pada textbox tersebut.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin disampaikan silakan berkomentar pada kotak komentar yang ada dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool