Saturday, June 18, 2016

Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys

Cara Hapus atau Mengurangi Ukuran File hiberfil.sys

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, nah dalam posting kali ini saya akan membahas tentang salah satu cara mengurangi kapasitas penggunaan size hardisk pada partisi C. Dalam beberapa kasus terdapat beberapa file sistem yang ukurannya cukup mengambil ruang dalam partisi hardisk, terkhusus disini saya akan membahas tentang file hiberfil.sys. File ini merupakan file sistem Windows untuk mendukung fitur hibernate dan sleep mode.

Hibernate dan Sleep Mode adalah keadaan dimana windows mesin komputer seakan mati namun windows tetap berjalan dengan hanya menggunakan tenaga yang sangat kecil baik dari baterai maupun dari listrik. Namun untuk mendukung fitur ini windows menyediakan file hiberfil.sys yang berfungsi menyimpan keadaan terakhir dari perangkat (current state (memory)) yang tersimpan di root directory windows dan biasanya mengambil kapasitas yang cukup besar pada penyimpanan.

Untuk sobat yang ingin mengatasi masalah dari file hiberfil.sys yang mengambil cukup banyak tempat sobat bisa disable fiturnya lalu menghapus file tersebut atau dengan mengurangi kapasitas penggunaan file tersebut tanpa mematikan fiturnya. Silakan pilih langkahnya berikut ini.

A. Disable dan Menghapus hiberfil.sys

Pertama-tama buka Command Prompt dengan Run as Administrator. Setelah itu ketik kode berikut ini.

Untuk Mematikan Fungsi Hibernate & Sleep Mode.
powercfg.exe -h off
atau
powercfg -h off

Untuk Menyalakan Fungsi Hibernate & Sleep Mode.
powercfg.exe -h on
atau
powercfg -h on

B. Mengurangi Ukuran hiberfil.sys

Untuk mengurangi ukuran file hiberil.sys silakan buka Command Prompt dengan Run as Administrator. Setelah itu ketik kode berikut ini.

powercfg.exe -h -size 50%

Ganti 50 dengan berapa persen ukuran yang ingin sobat hilangkan dari file hiberfil.sys.

Mungkin cuma itu dari saya semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool