Monday, January 4, 2016

Cara Menghilangkan Clicktrap Tidak Bisa Klik Saat Preview

Cara Menghilangkan Clicktrap Tidak Bisa Klik Saat Preview

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi preview blog yang tidak bisa di klik. Sobat blogger mungkin sudah tau tentang masalah saat blog sedang di preview yaitu blogger tidak ingin kita bisa mengklik apapun dari blog saat dalam mode preview, disebut dengan clicktrap, jadi cukup melihat saja. Namun akan jadi masalah ketika yang akan kita preview adalah elemen yang harus di klik atau kursor harus melewati elemen tersebut. Jadi kita perlu menghilangkan clicktrap itu, berikut ini caranya.

Menurut mbak Arlina, click trap adalah sebuah kondisi khusus yang mencegah pengguna untuk menyeleksi setiap elemen yang ada di halaman pratinjau sebuah artikel yang akan dipublikasikan. Saya sendiri kurang tau alasan kenapa Blogger menambahkan click trap ini.

Jadi click trap ini berfungsi untuk membuat tampilan pratinjau yang dihasilkan benar-benar berupa halaman pratinjau yang gunanya hanya untuk dilihat saja, tidak untuk di klik apalagi dijadikan akses untuk membuka halaman blog yang lebih jauh. Namun ada kalanya kita harus melakukan pratinjau untuk kasus yang memerlukan klik mouse atau hover, nah dalam kondisi seperti itu tentunya akan jadi terasa cukup sulit jika untuk hover mouse saja tidak bisa, nah oleh karena itu sobat bisa menghilangkan click trap tersebut.

Sebenarnya click trap yang dipasang pada template default blogger itu hanyalah berupa komponen yang diatur sedemikian rupa dengan kode CSS yang sesuai dan diletakkan di bagian paling depan dari seluruh objek yang ada, jadi untuk menyiasati kasus seperti ini juga hanya perlu menggunakan kode CSS yang mampu menangani hal tersebut.

Kita hanya membutuhkan kode CSS untuk menyembunyikan click trap tersebut, silahkan tambahkan kode CSS berikut ini dibawah kode ]]></b:skin> atau dibawah kode <style>.

.blogger-clickTrap {display:none!important;}

Setelah itu coba buka blog sobat dalam mode preview atau pratinjau, misalnya menulis posting lalu lihat preview / pratinjau posting tersebut, kemudian lihat apakah blog sudah bisa di klik dalam mode pratinjau. Namun jika cara tersebut tidak berhasil berarti kemungkinan sobat menambahkan kode CSS pada kode yang ada dalam conditional tag. Untuk mengatasinya cukup tambahkan kode berikut ini diatas kode </head>.

<style>.blogger-clickTrap {display:none!important;}</style>

Mungkin itu akan berhasil, cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini yang bisa dibuka lewat menu blog dibagian paling atas. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comments