Wednesday, January 6, 2016

Contoh Tugas Resensi Buku

Contoh Tugas Resensi Buku

1. Identitas Buku

  • Judul : Budidaya Bandeng dengan Memanfaatkan Limbah Mie Instant.
  • Penulis : Ibnu Muslim, S.Pd.
  • Jenis : Fiksi SLTP

2. Tujuan Pengarang Buku

Seseorang sudah seharusnya memiliki keterampilan agar dapat dipergunakan dalam kehidupannya kelak. Keterampilan tersebut ada yang didapat dari bangku sekolah maupun dari pengalaman. Banyak cara yang dilakukan orang guna mendapatkan uang dengan menggunakan keterampilan yang dimilikinya. Ada yang berprofesi sebagai seniman, pelukis, peternak, dan lain-lain. Profesi-profesi tersebut tentu tidak hanya membutuhkan modal berupa materi tetapi juga kreativitas dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

3. Tujuan Penulis Resensi.

Melalui bacaan yang berjudul “Budidaya Bandeng dengan Memanfaatkan Limbah Mie Instant” diharapkan mampu memberi terobosan bagi seseorang yang tertarik dengan bisnis ini. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ikan bandeng memiliki potensi yang cukup besar. Selain itu bandeng pun mudah dibudidayakan. Budi daya bandeng dengan memanfaatkan limbah mie tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar, sebab limbah mie tentu akan mudah mudah didapat dengan harga yang murah. Selain itu limbah mie berpengaruh terhadap pertumbuhan bandeng. Meskipun terdapat teknik yang lain, bertambak bandeng dengan menggunakan limbah mie merupakan teknik yang baru.

4. Keunggulan Buku

Buku ini menyajikan teknik bertambak bandeng dengan menggunakan limbah mie. Selain itu buku ini pun dibahas pula prospek pasar atau keuntungan yang didapat dari budidaya bandeng. Meskipun budi daya terkesan sulit, namun dalam buku ini disajikan teknik budi daya bandeng dengan mudah. Sehingga pemula pun dapat segera berbudi daya bandeng. Daerah-daerah yang berpotensi memiliki bandeng dengan populasi bandeng pun dapat kita temukan dalam buku ini.

5. Kelemahan Buku

Budi daya ikan bandeng dengan memanfaatkan mie instant terkesan sulit.

6. Nilai Buku

Setelah kalian membaca uraian muali dari Bagian I sampai dengan Bagian VII, mudah-mudahan kalian memperoleh gambaran mengenai tata cara pemeliharaan bandeng, baik tradisional maupun intensif. Dengan demikian, kalian memiliki bekal untuk hari depan setelah kalian lulus dari sekolah lanjutan atas pertama dan tidak mampu ke sekolah yang lebih tinggi.
Semoga kelak, kalian menjadi petani tambak yang berhasil di daerah kalian masing-masing. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat kepada kita semua.

A. Saran
Jika kalian akan mencoba atau ingin terlibat dalam usaha semacam ini, beberapa saran berikut perlu disimak.
  1. Gunakan nener penetasan karena mengambil nener langsung di laut akan mengganggu kelestarian alam!
  2. Hindari penggunaan pestisida karena tidak ramah lingkungan dan gunakan pembasmi hama secara alami sehingga lingkungan alam tetap terjaga kelestariannya!
  3. Harapan penulis, agar pemerintah terhadap pihak sekolah dapat melengkapi buku-buku bacaan yang membahas mengenai budi daya bandeng dan budi daya-budi daya lainnya sehingga siswa-siswi dapat memperoleh pengetahuan untuk bekal setelah tamat.

B. Kesimpulan
  1. Manfaat pemberian makanan tambahan limbah mie instant adalah mempercepat pertumbuhan dan membuat daging bandeng lebih gurih serta lebih enak rasanya.
  2. Dari analisis usaha yang dilakukan oleh petani tambak tradisional ataupun tambak intensif dapat disimpulkan bahwa budi daya bandeng secara intensif lebih menguntungkan daripada secara tradisional.
Disqus Comments