Sunday, December 13, 2015

Tabel Nilai Sudut Istimewa Trigonometri

Tabel Nilai Sudut Istimewa Trigonometri

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, dalam posting kali ini saya akan membahas tentang pelajaran kesukaan saya, matematika. Kali ini tentang materi pelajaran kelas X Sekolah Menengah Atas yaitu Trigonometri. Trigonometri merupakan cabang ilmu matematika yang khusus membahas mengenai sudut. Trigonometri mempunyai hubungan yang sangat erat dengan geometri yang juga merupakan salah satu cabang matematika yang membahas mengenai bangun dalam matematika.






Dalam trigonometri sobat mungkin telah mengetahui bahwa terdapat 5 sudut istimewa dasar yang dimiliki trigonometri, yaitu sudut 0 derajat atau dapat dituliskan 0˚, 30˚ 45˚, 60˚ dan 90˚ yang merupakan sudut siku-siku. Sudut-sudut istimewa tersebut memiliki nilai tersendiri dalam posisi perhitungan sudut baik itu sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan, maupun cotangen. Akan tetapi selain sudut istimewa yang 5 tadi juga terdapat beberapa sudut lain yang ekivalen dengan sudut istimewa tersebut yang mencakup sudut satu lingkaran penuh 360˚.


Berapakah nilai dari sudut-sudut yang lain tersebut?

Berikut saya tampilkan gambar dari tabel nilai-nilai sudut istimewa yang mencakup pada lingkaran 360˚. Jika sobat bertanya mengapa dalam bentuk gambar, mengapa tidak dalam bentuk teks? Itu karena menulis equation di posting blog tidak semudah dengan menulis equation di microsoft word yang mungkin sobat pernah pelajari di bangku sekolah, maka dari itu berikut gambar tabel nilai sudut istimewa dari kuadran I sampai kuadran IV pada lingkaran penuh 360˚.

Tabel Nilai Sudut Istimewa Trigonometri

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, jika ada yang ingin sobat tanyakan, silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comment
Parse Tool