Monday, December 28, 2015

Sekilas Tentang Matlab

Sekilas Tentang Matlab

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu perangkat lunak berbasis operasi matematika khususnya matriks yaitu Matlab. Matlab merupakan salah satu perangkat lunak untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Awalnya matlab dibuat untuk melakukan operasi matriks, kemudian terus dikembangkan sehingga mempunyai kemampuan bahasa pemrograman.

Dalam matlab terdapat 2 eksekusi perintah, diantaranya yaitu :
  • Eksekusi Langsung : setiap baris statement di eksekusi secara langsung dan terjadi pada Command Windows matlab.
  • Eksekusi tidak langsung : setiap baris statement tidak di eksekusi secara langsung, tetapi disimpan terlebih dahulu dalam bentuk file yang disebut M-file. Perintah tersebut dibuat dalam bentuk bahasa pemrograman matlab yang dibuat di Edit Editor.

Berikut adalah tampilan awal jendela Matlab R2013a beserta nama-nama dan bagian-bagian utama yang digunakan.


  1. Command Window
  2. Jendela perintah atau Command Window adalah jendela dimana semua perintah matlab dituliskan dan dieksekusi. Kita dapat menuliskan perintah perhitungan sederhana, memanggil fungsi, mencari informasi tentang sebuah fungsi dengan aturan penulisannya (help), demo program, dan sebagainya. Setiap penulisan perintah selalu diawali dengan prompt '>>'.
  3. Workspace
  4. Jendela ruang kerja atau Workspace adalah jendela yang berisi informasi pemakaian variabel yang disimpan dalam memori matlab. Perintah 'clear;' digunakan untuk menghapus semua variabel yang tersimpan.
  5. Command History
  6. Jendela histori atau Command History adalah jendela yang berisi informasi tentang perintah yang pernah dituliskan sebelumnya. Kita dapat kembali ke perintah sebelumnya atau maju ke perintah selanjutnya dengan menekan tombol panah keatas/kebawah atau dengan klik langsung perintah pada jendela histori.
  7. Current Folder
  8. Jendela folder direktori atau Current Folder merupakan jendela yang menampilkan direktori yang menjadi fokus kerja matlab, pada jendela ini akan ditampilkan file-file yang tersimpan dalam folder tersebut.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang mau ditanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comments