Saturday, December 26, 2015

Selayang Pandang Universitas Negeri Makassar

Selayang Pandang Universitas Negeri Makassar

Perguruan tinggi yang kini bernama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdiri pada tanggal 1 Agustus 1961. Cikal bakal berdirinya perguruan tinggi ini diawali ketika pemerintah mengambil kebijakan mengintegrasikan kursus-kursus B-I/B-II ke dalam universitas. Berdasarkan kebijakan itu dibentuklah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Hasanuddin yang dalam lingkungan Universitas Hasanuddin dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 30 Tahun 1962 dan berlaku surut terhitung mulai 1 Agustus 1961. Kedudukan FKIP sebagai salah satu fakultas dalam lingkungan Universitas Hasanuddin berlangsung sampai tanggal 4 Januari 1964.

Status FKIP sebagai fakultas pada Universitas Hasanuddin berakhir setelah keluarnya Surat Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1964 tanggal 5 Januari 1964 yang mengubah FKIP menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Keputusan presiden tersebut kemudian disusul oleh Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 154 Tahun 1964 yang menyatakan FKIP Universitas Hasanuddin diubah menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Makassar terhitung mulai 1 September 1964. Selama berkedudukan sebagai IKIP Cabang, institut tersebut dipimpin oleh seorang yang disebut Dekan Koordinator.

Pada tanggal 5 Januari 1965, IKIP Yogyakarta Cabang Makassar diubah secara resmi menjadi IKIP Makassar sebagai perguruan tinggi yang berdiri sendiri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 272 Tahun 1965.

Sejak resmi menjadi perguruan tinggi yang berdiri sendiri, IKIP Makassar telah mengalami beberapa kali perubahan nama seiring dengan perubahan nama kota tempatnya berkedudukan. Pertama, nama IKIP Makassar berubah menjadi IKIP Ujung Pandang ketika nama kota Makassar berubah menjadi Kota Ujung Pandang pada tahun 1971. Kedua, ketika nama Makassar kembali lagi digunakan pada tahun 1999, nama Ujung Pandang yang melekat pada institut ini pun turut pula berubah menjadi IKIP Makassar. Ketiga, setelah di konversi ke universitas berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus, nama institut ini berubah menjadi Universitas Negeri Makassar yang disingkat dengan UNM. Gambaran sejarah UNM dapat pula dilihat pada diagram berikut ini.

Selayang Pandang Universitas Negeri Makassar
Disqus Comment
Parse Tool