Thursday, December 10, 2015

Cara Mengetahui Processor 32-bit dan 64-bit serta Perbedaannya

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, nah dalam posting kali ini saya akan membahas tentang salah satu internal dari perangkat yang biasanya kita pakai sehari-hari, PC atau Laptop. Kali ini saya akan mendiskusikan tentang bagaimana cara mengetahui jenis processor PC kita, apakah 32-bit atau 64-bit, dan juga apa bedanya 32-bit dan 64-bit!? Saat ini sistem elektronik otomatis kebanyakan menggunakan sistem processor dalam sistem kerjanya, seperti smartphone, PC, TV, audio speaker, bahkan lift yang biasanya kita lihat di gedung-gedung bertingkat.

Bagi kebanyakan orang, processor sering disebut sebagai otaknya komputer, mengapa demikian? Sebab sama seperti otak manusia, processor menyimpan aturan-aturan dasar tentang bilangan, perhitungan, serta untuk menjalankan tugas. Processor merupakan sebuah perangkat yang berfungsi mengontrol jalannya sistem perangkat elektronik secara keseluruhan. Tetapi perlu teman-teman ketahui, ada hal yang unik dalam cara kerja sebuah processor perangkat elektronik, uniknya itu terletak pada sesuatu yang disebut bit, baca juga Cara Mudah Mengetahui Merk & Type Laptop

Apa itu Bit?

Bit yang merupakan singkatan dari Binary Digit (digit biner) menunjukkan ukuran data yang dialirkan dari registry (registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan informasi komputer) dalam sebuah sistem operasi komputer. Artinya 1 bit terdiri dari dua nilai komputasi yaitu 1 dan 0 jadi prosesor 32-bit dapat memuat 64 nilai komputasi, sedangkan prosesor 64-bit bisa menampung 256 nilai komputasi 4 kali lebih banyak dari prosesor 32-bit. Mengapa processor 64-bit bisa menampung nilai komputasi 4 kali lebih banyak dibanding processor 32-bit!? Hal ini disebabkan karena pada processor 64-bit mempunyai jalur data 4 kali lebih banyak juga, artinya 1 bit pada processor 64-bit terdiri dari 4 nilai komputasi, ibaratnya 1 bit tersebut mempunyai 2 tempat yang masing-masing tempat dapat di isi oleh nilai komputasi 1 atau 0.

Untuk Apa Mengetahui Jenis Processor?

Mengetahui jenis processor sebenarnya hal yang tidak diwajibkan, tetapi bagi saya sendiri, mengetahui jenis processor merupakan hal yang direkomendasikan, sebab ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi teman-teman, terkhusus saat memilih perangkat PC yang ingin dibeli, spesifikasi apa saja yang perlu diperhatikan, dan yang paling pertama yang sebaiknya dipertimbangkan adalah spesifikasi processor.

Selain itu mengetahui jenis processor yang digunakan juga berguna ketika perangkat PC mengalami masalah, baik itu masalah internal ataupun masalah eksternal, baik kerusakan software maupun kerusakan hardware. Saat ini kebanyakan perangkat lunak dibedakan atas 2 jenis, yaitu dari jenis processor perangkat. Banyak software yang berlabelkan x86 atau x64. x86 sebenarnya sama saja dengan 32-bit. Nah, jadi ketika sudah mengetahui jenis processor yang ada pada perangkat yang digunakan, maka akan jadi lebih mudah mengambil tindakan untuk memilih software, fixing error, bahkan memperbaiki bagian perangkat keras.

Bagaimana mengetahui jenis prosesor?

Pertama-tama, pada Windows Explorer, klik kanan pada Computer/This PC



Setelah itu lihat pada bagian System type, apakah prosesor anda 32-bit atau 64-bit.


Cara Lain Mengetahui Jenis Processor

Selain itu terdapat cara lain untuk mengetahui jenis processor yang digunakan pada perangkat sobat, yaitu dengan menggunakan sebuah perangkat lunak, akan tetapi selain jenis processor sobat juga bisa mengetahui jenis socket processor dan jenis socket RAM, juga dapat mengetahui spesifikasi lengkap dari perangkat personal computer (PC) sobat. Software tersebut adalah CPUID, berikut ini tampilan dari perangkat lunak tersebut.




Nah, dengan perangkat lunak tersebut sobat bisa mengetahui spesifikasi dari komputer sobat secara keseluruhan. Apabila sobat tertarik untuk mencobanya, sobat bisa mengunduh perangkat lunak tersebut pada link berikut :

Download
Setup - English
Size : 1.6 MB


Download
Zip - English
Size : 2.41 MB

Apa perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit?

Setelah mengetahui perbedaan dari segi prosesornya, selanjutnya anda perlu mengetahui perbedaan dari segi operasi sistemnya, yang dalam hal ini akan saya bahas adalah Windows, jadi apa perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit.

Perbedaan dari segi sistem operasi lebih mengarah pada seberapa maksimal kapasitas memori yang dapat digunakannya. Pada Windows 32-bit sistem hanya akan mengenali RAM dengan ukuran maksimal 4GB saja meskipun RAM yang digunakan pada komputer lebih dari 4GB, bahkan tidak jarang hanya sampai 3.25 GB saja.

Sedangkan pada Windows 64-bit lebih memaksimalkan memori yang dapat digunakan, sehingga seluruh kapasitas memori akan digunakan dan dalam pemrosesan data akan terasa lebih cepat jika menggunakan windows 64-bit.

Disarankan untuk menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan kapasitas prosesor anda agar kinerja yang anda dapatkan bisa lebih maksimal. Jika prosesor anda 64-bit sebaiknya instal lah Windwos 64-bit, begitupun sebaliknya.

Namun kekurangan dalam menggunakan windows 64-bit terletak pada tingkat kompetibel driver dengan versi sistem operasi tersebut. Kebanyakan driver komputer yang berusia agak lama tidak tersedia dalam versi windows 64-bit (yang ada hanya 32-bit) sehingga anda akan kesulitan mencari driver yang kompetibel. Selain driver, beberapa software juga tidak tersedia dalam versi 64-bit, tetapi tenang saja, meskipun versinya hanya 32-bit tetapi tetap bisa di install pada windows 64-bit, hanya saja foldernya ada di C:\Program Files (x86).

Nah, sepertinya mungkin cukup sekian, semoga informasi ini dapat membantu anda, jika ada hal yang kurang berkenan, silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact yang bisa dibuka melalui menu blog yang ada dibagian paling atas. Terima kasih, assalamu' alaikum.
Disqus Comments