Saturday, December 26, 2015

Jenis-Jenis Organisasi Tingkat Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi intra universitas dan organisasi ekstra universitas. Organisasi intra universitas. Organisasi intra universitas adalah organisasi yang secara resmi tercantum pada Peraturan Kemahasiswaan UNM yang dimaksudkan sebagai wahana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan, peningkatan kecerdasa, dan integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Organisasi ekstra universitas adalah organisasi tempat untuk mahasiswa berhimpun, yang tidak memiliki kaitan keorganisasian dengan UNM seperti organisasi kedaerahan dan keagamaan. Berikut ini adalah organisasi intra universitas yang ada di UNM.

Maperwa (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa)

Maperwa yang merupakan singkatan dari "Majelis Permusyawaratan Mahasiswa" adalah organisasi kemahasiswaan yang termasuk perwakilan mahasiswa, menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa melalui penetapan Garis Besar Program Kerja (GBPK) yang dilaksanakan oleh Badan eksekutif Mahasiswa (BEM). Maperwa terdapat pada tingkat universitas dan fakultas.

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

BEM merupakan singkatan dari "Badan Eksekutif Mahasiswa" adalah lembaga perwakilan mahasiswa untuk menjabarkan dan melaksanakan GBPK dalam bentuk program kerja sesuai dengan yang ditetapkan oleh Maperwa. BEM terdapat pada tingkat universitas dan fakultas.

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

UKM yang merupakan singkatan dari "Unit Kegiatan Mahasiswa" adalah satuan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi menampung dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan bakat dan kegemaran mahasiswa masing-masing di tingkat universitas. UKM terdiri atas Pramuka, Resimen Mahasiswa, Sintalaras, Korps Relawan, Palang Merah Indonesia, Seni, Olahraga, Penerbitan Kampus, LKMB, Koperasi Mahasiswa dan Penalaran yang jumlah dan jenisnya dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Kepengurusan ditetapkan dengan SK Rektor setelah mendapat rekomendasi Maperwa.

HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

HMJ yang merupakan singkatan dari "Himpunan Mahasiswa Jurusan" adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa di tingkat jurusan (bagi fakultas yang memiliki jurusan).

HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi)

HMPS yang merupakan singkatan dari "Himpunan Mahasiswa Program Studi" adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa di tingkat program studi.
Disqus Comments