Sunday, December 27, 2015

Menyimpan Offline Halaman Web Utuh yang Dapat di Klik

Menyimpan Offline Halaman Web Utuh yang Dapat di Klik

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menyimpan halaman web secara utuh dan saling terhubung satu sama lain dapat di klik seperti halaman asli web tersebut. Dengan menyimpan sebuah halaman seperti itu akan membuat kita merasa sedang membuka sebuah halaman secara online. Untuk memungkinkan hal tersebut terjadi anda memerlukan beberapa hal berikut ini :

Syarat, memiliki :
  • Mozilla Firefox
  • Koneksi internet

Pertama-tama anda buka browser Mozilla Firefox setelah itu install sebuah plugin bernama Scrapbook, silahkan instal melalui link berikut.
Scrapbook
Selanjutnya untuk menyimpan halaman, cukup klik kanan pada halaman yang akan di simpan lalu pilih Save Page As... lalu akan muncul jendela save detail.

Menyimpan Offline Halaman Web Utuh yang Dapat di Klik

Pada bagian Title silahkan isi dengan judul halaman yang akan disimpan. Bagian Folder pilih Root Folder, lalu pada bagian Options centang bagian apa yang akan turut tersimpan dari halaman tersebut (images : gambar, styles : kode CSS halaman tersebut, JavaScript : kode javascript halaman tersebut). Bagian download linked files adalah menyimpan file yang terhubung dengan halaman yang akan disimpan, misal sebuah musik, video, atau dokumen yang linknya tertaut dari halaman tersebut secara langsung (direct link). Lalu pada bagian In-depth Save adalah untuk memilih seberapa dalam halaman yang akan anda simpan, artinya ketika misal anda memilih 3 maka anda dapat membuka sejauh 3 kali klik (contoh misal menyimpan halaman facebook, klik pertama membuka kronologi, klik kedua membuka log aktivitas, lalu klik ketiga membuka tinjauan kronologi. Misalnya anda memilih 0 maka anda tidak dapat membuka link apapun pada halaman tersebut).

Mungkin cukup sekian dari saya, kalau ada yang ingin di tanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah, atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comments