Saturday, December 12, 2015

Mengatasi Crash Event 'May Menghilang' Harvest Moon BTN Bahasa Indonesia

Mengatasi Crash Event "May Menghilang" Harvest Moon BTN Bahasa Indonesia

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi error ketika event "May Menghilang" dalam game Harvest Moon Back to Nature. Error tersebut terjadi dikarenakan kesalahan pada file ISO untuk game Harvest Moon dalam versi bahasa Indonesia.






Bagi sobat yang sudah pernah memainkan game Harvest Moon Back to Nature bahasa Indonesia menggunakan emulator ePSXe mungkin akan menemukan crash alias error ketika memainkan game pada event "May Menghilang" di bulan summer.


Namun setelah melalui pencarian panjang akhirnya saya menemukan cara mengatasinya, pertama-tama sobat harus menyediakan file ISO game ini dalam dua versi, yaitu versi bahasa Indonesia dan versi bahasa Inggris. Untuk mendapatkannya sobat bisa mendownloadnya melalui link dibawah ini.


Setelah itu mainkan game dimana sebelum event tersebut terjadi dengan reload save gamenya, atau lebih tepatnya pagi hari dimana event tersebut akan terjadi, atau jika sobat tau cara menggunakan Save State silahkan Load State tepat sebelum anda masuk ke pantai jam 5 sore. Untuk mengetahui tentang event tersebut, silahkan pelajari lebih lanjut.

Cara mengatasi problem crash game ini yaitu dengan memanfaatkan fitur Save states yang ada pada emulator ePSXe, fitur ini memungkinkan sobat untuk melakukan save dimana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan diary dan tanpa harus tidur, cara menggunakannya cukup tekan F1 pada keyboard untuk melakukan save dan tekan F3 untuk load tepat pada saat melakukan save tadi.

Kembali pada event yang error tadi, pertama-tama ikuti kejadian event tersebut, lalu pada saat akan datang ke pantai pukul 6.00pm, lakukan save state tepat sebelum masuk ke pantai. Setelah itu tekan ESC pada keyboard, game akan keluar - tenang saja, game masih bisa di lanjut.

Setelah itu klik File - Change Disc lalu cari file ISO game Harvest Moon (HM) yang versi bahasa Inggris kemudian mainkan game HM dalam versi bahasa Inggris tersebut, lalu load kembali save state sebelumnya dengan menekan tombol F3 di keyboard, maka akan kembali pada posisi dimana sobat melakukan save state tadi, masuklah ke pantai maka error game tidak akan terjadi. Setelah masuk ke pantai lakukan lagi save state, lalu keluar dari emulator dan mainkan game HM kembali pada versi bahasa Indonesia dan error tadi tidak akan terjadi.

Mungkin tutorial tanpa gambar ini sudah cukup sobat mengerti, tapi untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat video yang saya temukan di youtube.



Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, jika ada hal yang ingin sobat tanyakan, silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu 'alaikum.
Disqus Comment
Parse Tool