Thursday, December 10, 2015

Menampilkan Folder yang Hidden di Windows 7, 8, dan 8.1

Assalamu `alaikum warohmatullahi wabarokatuh, dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara menampilkan folder yang tersembunyi/hidden. Seringkali kita mengalami masalah ketika menemukan file-file dalam flashdisk tiba-tiba saja hilang, namun sebenarnya file tersebut tidak hilang karena size yang terpakai masih sama dengan sebelumnya, itu cuma karena file kita disembunyikan oleh virus atau tangan-tangan jail.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara menampilkan file yang tersembunyi tersebut? Begini, ada dua, pertama dengan menggunakan antivirus Smadav, ketika di scan Smadav akan memberikan pilihan apakah ingin menampilkan file yang disembunyikan oleh virus atau tidak, dan yang kedua mengubah pengaturan pada sistem operasi Windows untuk menampilkan segala bentuk file dan folder yang tersembunyi.

Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana mengubah pengaturan sistem operasi untuk menampilkan file tersembunyi tersebut? Nah, pertanyaan itulah yang akan saya jawab pada posting kali ini, baiklah langsung saja.

Windows 7

Pada windows 7, silahkan buka Widows Explorer anda, setelah itu tampilkan menu Window Explorer dengan menekan tombol ALT pada keyboard, pilih menu Tools lalu pilih Folder Options dan akan muncul sebuah menu Folder Optionns. Atau bisa juga dengan cara cepat shortcut ALT + T + O.


Pada jendela Folder Options buka tab View, pilih pada bagian opsi Show hidden files, folders, and drives kemudian hilangkan centang pada pilihan-pilihan berikut.
  • Hide empty drives in the Computer folder
  • Hide protected operating system files (Recommended)

Jika muncul pesan peringatan seperti gambar berikut, silahkan pilih Yes.


Dan hasilnya seperti gambar berikut ini.


Setelah itu klik Apply lalu klik OK, kemudian lihat hasilnya, akan muncul beberapa folder tersembunyi di komputer anda. Jadi untuk kembali tidak menampilkan file-file dan folder tersembunyi cukup buka menu yang sama dengan diatas lalu centang dua pilihan yang saya sebutkan sebelumnya.

Beberapa folder mungkin memang disembunyikan oleh sistem, jadi sebaiknya anda tidak perlu mengubah folder tersebut dari tersembunyi jadi tidak tersembunyi, anda tenang saja, itu bukan karena virus kok.

Windows 8 dan Windows 8.1

Pertama-tama buka Windows Explorer, kemudian buka tab View lalu tekan tombol yang ada diatas tombol Options.


Pada jendela Folder options yang muncul, buka tab View, pilih opsi Show hidden files, folders, and drives, lalu hilangkan centang pada tiga pilihan berikut:

  • Hide empty drives
  • Hide folder merge conflicts
  • Hide protected operating system files (Recommended)


Jika muncul peringatan seperti gambar berikut ini, silahkan pilih Yes.


Lalu pilih Apply kemudian klik OK. Perhatikan folder-folder pada computer atau laptop anda, akan muncul beberapa folder yang ikonnya agak buram, yang ikonnya buram itu adalah folder yang sebelumnya hidden/tersembunyi. Untuk menyembunyikan kembali folder tersebut, silahkan lakukan hal yang sama, lalu centang ketiga pilihan tadi atau kedua pilihan kalau di Windows 7.

Beberapa folder mungkin memang disembunyikan oleh sistem, jadi sebaiknya anda tidak perlu mengubah folder tersebut dari tersembunyi jadi tidak tersembunyi, anda tenang saja, itu bukan karena virus kok.

Sepertinya cukup, semoga itu dapat membantu sobat, jika masih ada yang kurang di pahami silahkan sampaikan di kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact yang bias dibuka melalui menu blog dibagian paling atas. Terima kasih, assalamu‘alaikum.
Disqus Comments