Monday, December 7, 2015

Cara Membuat Halaman Statis di Blogger

Cara Membuat Halaman Statis di Blogger

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Nah, dalam posting saya kali ini, akan membahas tentang cara membuat halaman statis di Blogger. Membuat halaman statis di Blogger sebenarnya adalah hal yang sangat sederhana dan hal yang sangat umum di kalangan blogger, tetapi meskipun demikian mungkin masih ada teman-teman yang masih baru untuk hal seperti ini, jadi saya akan sharing tentang membuat halaman statis di blogger kepada teman-teman yang mungkin belum mengetahuinya.

Sebelum membahas lebih jauh, pertama-tama saya akan menjelaskan tentang apa itu halaman statis. Halaman statis pada sebuah blog adalah halaman yang bukan merupakan halaman posting, bukan homepage, dan bukan pula halaman label/tag (halaman label yang menampilkan posting-posting dengan label yang sama/tertentu). Jadi halaman statis memungkinkan kita menulis apa saja (termasuk isi posting) namun tidak akan tampil pada homepage. Halaman statis biasanya akan berisi tentang bagian-bagian khusus dari sebuah blog, misalnya halaman yang memperkenalkan isi sebuah blog dan siapa penulisnya, berisi halaman Policy Privacy, Disclaimer, dan lain sebagainya. Halaman statis pada Blogger biasanya menggunakan subbagian "p" pada direktori blog tersebut, contohnya seperti https://nama-blog.blogspot.com/p/halaman-statis.html.

Namun apa untungnya membuat halaman statis?

Halaman statis selain berfungsi untuk membuat bagian khusus dari sebuah blog seperti yang saya jelaskan tadi, halaman statis juga berfungsi sebagai navigation bagi pengunjung blog tersebut. Maksudnya seperti ini, halaman statis bisa memberikan pengarahan kepada pengunjung agar apa yang dicari dapat ditemukan dengan mudah, seperti membuat halaman statis untuk menampilkan posting blog utama, atau membuat bantuan-bantuan untuk pengunjung misalnya HTML Editor, Color Picker, CSS Minifier, ataupun Ads Converter seperti yang digunakan pada blog ini. Selain itu, halaman statis juga dapat meningkatkan trafik sebuah blog dan dapat membuat blog tersebut terindeks dengan lebih baik oleh Google, misalnya pada saat mencari kata kunci utama dari sebuah blog (misal nama blog tersebut) pada Google, bisa saja pada bagian bawahnya juga menampilkan halaman statis yang sering digunakan dan sering diakses oleh pengunjung. Jadi lebih keren bukan?

Jadi teman-teman mungkin sudah paham apa itu halaman statis dan untuk apa membuat halaman statis. Baiklah untuk membuat halaman statis di Blogger, pertama-tama silahkan buka Blogger tentunya, setelah itu akan muncul nama blog sobat. Silakan buka bagian Laman, selanjutnya akan muncul halaman-halaman statis yang telah teman-teman buat (jika ada), jika belum ada tentu tidak akan ada yang ditampilkan. Lalu perhatikan di bagian atas, lalu pilih Laman baru.


Selanjutnya akan muncul tampilan yang hampir sama dengan tampilan pembuatan posting baru. Silahkan isi dengan konten apa saja yang teman-teman inginkan. Misalnya membuat halaman About us, Contact dan halaman lain yang merupakan bagian khusus dan biasanya diperlukan oleh sebuah blog seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Mungkin cukup dari saya, semoga tutorial ini dapat membantu anda dan semoga bisa bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman Contact yang berada pada menu blog di bagian paling atas. Terima kasih dan sampai jumpa di posting selanjutnya.
Disqus Comments