Wednesday, December 30, 2015

Cara Mengetahui Data yang Belum di Input dengan Microsoft Excel

Cara Mengetahui Data yang Tidak Ada di Microsoft Excel

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh, baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui data yang belum di input pada Microsoft Excel, atau dengan kata lain bagaimana cara menggunakan fungsi IF dan Countif untuk mengetahui data yang belum dimasukkan. Fungsi ini digunakan untuk mengontrol data yang banyak, misalnya ketika kita mengatur nama siswa dalam satu kelas dan memasukkan nama-nama tersebut satu per satu dan tidak berurutan, tentu akan cukup sulit melihat nama mana yang belum dimasukkan, nah kita bisa mengetahuinya dengan mudah menggunakan Microsoft Excel.

Pertama silahkan buka Microsoft Excel anda, tidak penting apakah versi 2007, 2010, ataupun 2013, karena pada dasarnya rumus yang digunakan sama. Misalnya ada data nama, NIM dan kelas.

Cara Mengetahui Data yang Tidak Ada di Microsoft Excel

Setelah itu kita coba mengurutkan nama-nama siswa tersebut berdasarkan tingkat kenakalannya menurut kita. Selanjutnya dibuat tabel seperti berikut ini.

Cara Mengetahui Data yang Tidak Ada di Microsoft Excel

Bisa sobat lihat sendiri masih ada beberapa nama yang belum di masukkan, masukkan rumus berikut pada kolom Status Input.

=IF(COUNTIF($A$3:$A$17,D2)>0,"Ada","Tidak Ada")

Berikut penjelasannya.
  • IF merupakan kode untuk fungsi If.
  • COUNTIF merupakan kode untuk fungsi CountIf.
  • $A$3:$A$17 merupakan kode untuk menyeleksi kolom A3 sampai A17 yang di absolutkan menggunakan simbol $.
  • D2 merupakan kode untuk kategori yang akan diperiksa apakah sudah ada atau belum.
  • >0 merupakan kode dari fungsi CountIf untuk mengecek apakah data pada cell D2 ada atau tidak ada pada kolom A3 sampai A17.
  • "Ada" merupakan nilai dari cell D2 jika nilai fungsi If benar.
  • "Tidak Ada" merupakan nilai dari cell D2 jika nilai funsi If salah.

Cara Mengetahui Data yang Tidak Ada di Microsoft Excel

Jika kode diatas mengalami error silahkan ganti simbol "," dengan ";". Karena beberapa komputer menggunakan jenis pemisah yang berbeda, ada yang menggunakan koma (,) dan ada yang menggunakan titik-koma (;). Selanjutnya silahkan copy-paste kode tersebut pada semua kolom Status Input.

Mungkin cukup sekian dari saya, kalau ada saran, kritik, maupun pertanyaan, silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comments