Thursday, December 10, 2015

Mengetik dengan Menggunakan Font Aksara Lontara

Mengetik dengan Menggunakan Font Aksara Lontara

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatu, baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara mengetik dengan menggunakan font Lontara (aksara) bugis. Lontara Bugis merupakan aksara yang telah digunakan sejak dahulu kala dan terus diturunkan dari generasi ke generasi dan digunakan pada hampir seluruh daerah Sulawesi Selatan. Menurut budayawan Prof Mattulada (alm), bentuk aksara lontara berasal dari "sulapa eppa wala suji". Wala Suji berasal dari kata wala yang artinya pemisah/pagar/penjaga sedangkan suji yang berarti putri. Wala Suji adalah sejenis bambu yang digunakan dalam acara atau ritual kebudayaan yang berbentuk belah ketupat. Sulapa eppa yang berarti empat sisi merupakan bentuk mistis dari kepercayaan Bugis-Makassar klasik yang menyimbolkan susunan semesta, api-air-angin-tanah. Huruf lontara ini pada umumnya digunakan untuk menulis tata aturan pemerintahan dan kemasyarakatan. Naskah ditulis pada daun lontar menggunakan lidi atau kalam yang terbuat dari ijuk kasar dengan ukuran kurang-lebih sebesar lidi.

Namun disini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai sejarah dan latar belakang penggunaan Lontara, tetapi mengenai pelestarian penggunaannya, salah satu upayanya adalah dengan penggunaan lontara pada font komputer dan perangkat lain.

aEKn ri meblea ri lipu wnua lea edec muw ro ausp ewlai wnuaku.

Silahkan anda download font Lontara Bugis pada link berikut ini.

Untuk install, silahkan ekstrak file yang telah sobat download, kemudian klik kanan pada file Font Lontara Bugis kemudian pilih Install.

Mengetik dengan Menggunakan Font Aksara Lontara

Bagaimana menggunakannya?

Setelah proses instalasi font selesai anda dapat menggunakan font lontara dengan memilih nama font BugisA. Misalnya buka Microsoft Word lalu pilih font dengan nama BugisA.

Menggunakan Font Lontara Bugis

Mungkin cukup dari saya, jika ada hal yang ingin sobat tanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman contact yang bisa dibuka melalui menu blog yang ada dibagian paling atas. Terima kasih, assalamu 'alaikum.
Disqus Comments