Friday, December 18, 2015

Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Blok Teks

Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Blok Teks

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatu. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang cara disable seleksi teks pada blog untuk mencegah orang-orang yang ingin plagiat konten blog. Pertama-tama akan saya jelaskan mengapa saya membuat khusus yang menggunakan CSS, mengapa bukan yang menggunakan JavaScript, kita ketahui kebanyakan text selection disabled menggunakan JavaScript.

Kerugian menggunakan JavaScript untuk disable seleksi teks
  1. Ketika menggunakan JavaScript anda dengan mudah bisa menyeleksi teks kembali, bagaimana bisa? Mudah, cukup matikan JavaScript dari browser yang digunakan, reload, maka seleksi teks dapat dilakukan seperti semula.
  2. Menggunakan CSS memungkinkan kita untuk menghindari kemungkinan buruk diatas, orang yang paham dengan CSS mungkin bisa melakukannya ketika menggunakan inspeksi elemen dan menemukan kode CSS kita, tetapi itu terlalu kompleks jika dilakukan oleh seorang newbie. Orang yang paham CSSpun mungkin jarang melakukannya.
  3. Kode CSS jauh lebih cepat di load jika dibandingkan dengan JavaScript. Terlalu banyak menggunakan JavaScript dalam sebuah blog/website akan sangat memperlambat proses loading, hal itu dapat menyebabkan rendahnya tingkat Search Engine Optimization (SEO) blog/website anda.

Nah, mungkin dua alasan diatas sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan anda mengapa sebaiknya anda lebih memilih menggunakan CSS dibandingkan JavaScript. Akan tetapi meskipun demikian saya tetap memberikan pilihan kepada anda dan memberikan kedua tutorialnya, dengan CSS dan dengan JavaScript. Berikut ini.


Menggunakan JavaScript

Silahkan buka Edit HTML blog atau web anda kemudian tambahkan kode berikut ini tepat dibawah <head> atau diatas </body>.

<!-- Disable Text Selection by Catatan kaki -->
<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;)
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>

Simpan template anda.

Menggunakan CSS

Jika menggunakan CSS silahkan tambahkan kode CSS berikut ditengah tag <style> atau diatas kode ]]></b:skin>.

/* Disable Text Selection by Catatan Kaki*/
.post blockquote {
-webkit-user-select: text !important;
-moz-user-select: text !important;
-ms-user-select: text !important;
user-select: text !important;
}
body {
-webkit-user-select: none !important;
-moz-user-select: -moz-none !important;
-ms-user-select: none !important;
user-select: none !important;
}

Perhatikan kode .post blockquote diatas, kode tersebut untuk mengecualikan tag blockquote, artinya teks yang berada dalam tag blockquote tersebut bisa terseleksi. Namun perhatikan juga .post, kode tersebut umumnya diganti pada beberapa template buatan, jika teks pada tag blockquote tetap tidak bisa terseleksi coba ganti kode .post dengan .post-body. Selain itu jika yang ingin di kecualikan bukan tag blockquote, silahkan ganti pada kode diatas, kemudian Simpan.

Mungkin cukup sekian dari saya, semoga posting ini bisa membantu, jika ada yang ingin sobat tanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.

Sumber : http://www.twistblogger.com/2014/01/Disable-Copy-Text-Selection-On-Blogger.html
Disqus Comments