Tuesday, December 22, 2015

Cara Mudah Mengetahui Merk & Type Laptop

Cara Mudah Mengetahui Merk Laptop

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pasti kalian tidak asing lagi dengan yang namanya laptop. Saat ini laptop sudah hampir menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Di kota-kota besar hampir setiap orang memiliki laptop, dibandingkan dengan komputer (PC) yang ukurannya jauh lebih besar dan sulit dibawa-bawa orang lebih memilih menggunakan laptop.

Dipasarannya, laptop kini hadir dengan berbagai macam varian dan merk. Mulai dari Toshiba, Acer, Asus, Dell, Zyrex, HP dan masih banyak lagi, dan dalam satu merk tersebut terdapat puluhan bahkan ratusan jenis yang berbeda tergantung perusahaan yang membuatnya, perbedaang yang biasa kita sebut dengan tipe (type) laptop.

Mungkin diantara sobat ada yang sudah lama memiliki laptop namun belum tau apa tipe dari laptop itu. Benarkah?

Untuk sebagian besar orang, hal ini mungkin tidak penting-penting amat. Tapi untuk yang suka install ulang laptop sendiri - tanpa membawanya ke tempat service - mungkin tipe laptop salah satu hal penting untuk diketahui, ini diperlukan ketika hendak mencari driver laptop tersebut. Cara untuk mengetahuinya, berikut ini.

Cara 1

Pertama, buka DirectX Diagnostic Tool. Caranya tekan Start () + R. Akan muncul jendela Windows Run, tuliskan dxdiag. Kalau ada pilihan yang muncul pilih Yes.

Cara Mudah Mengetahui Merk Laptop

Cara Mudah Mengetahui Merk Laptop

Cara 2

Atau bisa juga dengan membuka menu Start kemudian ketikkan dxdiag. Contoh berikut pada windows 8, tetapi bisa juga pada windows 7, buka Start dan langsung ketik dxdiag.

Cara Mudah Mengetahui Merk Laptop


Hasilnya

Ketika muncul jendela DirectX Diagnostic Tool pada tab System lihat System Manufacturer dan System Model, tertulis merek dan tipe laptop sobat disampingnya. Contohnya laptop saya Merk Acer dengan tipe Aspire ZC-605.

Cara Mudah Mengetahui Merk Laptop

Mungkin cukup sekian dari saya, kalau masih ada yang mau di tanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comment
Parse Tool