Tuesday, December 22, 2015

Cara Mudah Mengetahui Merk & Type Laptop

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pasti teman-teman tidak asing lagi dengan yang namanya laptop. Benda yang saat ini hampir menjadi kebutuhan kebanyakan orang terkhususnya pelajar, saat ini laptop telah dimiliki kebanyakan orang. Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa laptop dapat memepermudah berbagai jenis pekerjaan serta menghasilkan banyak produk dan karya.

Dilihat dari sejarah perkembangannya, mulai dari komputer generasi awal yang membutuhkan sebuah ruangan besar hanya untuk sebuah unit komputer, saat ini perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai jenis dan varian dari komputer yang saat ini lebih sering disebut sebagai Personal Computer (PC). Meskipun hanya portable, laptop kini mengalahkan tingkat popularitas pendahulunya yaitu PC dengan CPU dan monitor terpisah, seperti yang sering kita lihat pada kantor atau ruang kerja. Hal itu mungkin memang wajar terjadi sebab memang sebuah PC dengan CPU yang cukup besar akan sangat menyulitkan untuk dibawa kemana-mana, itu sebabnya orang beralih menggunakan laptop.

Di pasarannya, laptop kini hadir dengan berbagai macam varian dan merk. Mulai dari Toshiba, Acer, Asus, Dell, Zyrex, HP dan masih banyak lagi, dan dalam satu merk tersebut terdapat puluhan bahkan ratusan jenis yang berbeda tergantung perusahaan yang membuatnya, perbedaan yang biasa kita sebut dengan tipe (type) laptop.

Mungkin diantara sobat ada yang sudah lama memiliki laptop namun belum tau apa tipe dari laptop itu. Benarkah?

Untuk sebagian besar orang, hal ini mungkin tidak penting-penting amat. Tapi untuk yang suka install ulang laptop sendiri - tanpa membawanya ke tempat service - mungkin tipe laptop salah satu hal penting untuk diketahui, ini diperlukan ketika hendak mencari driver laptop tersebut. Cara untuk mengetahuinya, berikut ini.

Cara Pertama

Pertama teman-teman perlu membuka DirectX Diagnostic Tool. Untuk membukanya cara pertama yang akan dilakukan adalah dengan menekan tombol Start () + R pada keyboard.


Sehingga akan muncul tampilan jendela Windows Run, pada jendela ini teman-teman bisa menuliskan perintah untuk menjalankan suatu aplikasi kepada sistem Windows. Nah silakan teman-teman tuliskan dxdiag, kemudian jika ada pilihan yang muncul silakan pilih Yes.


Cara Kedua

Atau bisa juga dengan membuka menu Start kemudian ketikkan dxdiag. Contoh berikut pada windows 8, tetapi bisa juga pada windows 7, buka Start dan langsung ketik dxdiag.


Hasilnya

Ketika muncul jendela DirectX Diagnostic Tool pada tab System lihat System Manufacturer dan System Model, tertulis merek dan tipe laptop sobat disampingnya. Contohnya laptop saya Merk Acer dengan tipe Aspire ZC-605.


Mungkin cukup sekian dari saya semoga bisa bermanfaat, kalau masih ada yang mau di tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comments