Friday, December 11, 2015

Cara Mudah Mengembalikan Widget Blog yang Terhapus

Cara Mudah Mengembalikan Widget Blog yang Terhapus

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatu. Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara mengembalikan widget blog yang terhapus. Dalam dunia blogging, seringkali terjadi beberapa hal yang disengaja maupun yang tidak disengaja untuk dilakukan, dan biasanya kejadian-kejadian yang tidak disengaja tersebut mengakibatkan hal yang sangat fatal dan hal yang paling umum itupun adalah menghapus. Misalnya menghapus bagian HTML blog bahkan menghapus widget blog.

Salah satu cara mencegahnya adalah dengan melakukan backup, jika anda ingin mengetahui caranya silahkan baca beberapa posting saya mengenai backup blog silahkan pelajari lebih lanjut.

Ketika suatu widget terhapus dari blog sobat itu artinya terdapat kode HTML tertentu yang hilang dari blog anda, akan tetapi kode HTML yang hilang itu memiliki karakteristik istimewa yaitu ID atau bisa disebut identitas dari widget itu. Contohnya ID widget berikut ini.

Cara Mudah Mengembalikan Widget Blog yang Terhapus

Dengan memanfaatkan karakteristik istimewa itu, kita bisa mengembalikan widget tersebut meskipun kode HTMLnya sama sekali telah terhapus dari blog. Jika diperhatikan sebenarnya untuk backup cukup kembalikan kode HTML blog seperti semula (jika sudah pernah di backup) akan tetapi hal itu akan mengembalikan juga perubahan yang telah dilakukan di blog, tentu akan kesulitan jika sudah susah-susah memodifikasi sedikit HTML blog lalu harus di kembalikan seperti semula. Jadi cara yang paling efektif yaitu cukup kembalikan kode HTML dari widget yang telah terhapus itu.


Cara mengembalikan widget

Terlebih dahulu buka dashboard blogger anda, buka Tema lalu pilih Edit HTML.


Setelah itu temukan kode berikut, jika anda menemukan lebih dari satu kode seperti itu, cukup pilih yang pertama.

<b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>

Kemudian tambahkan kode berikut ini tepat dibawahnya.

<b:widget id='HTML4' locked='false' title='Nama widget' type='HTML'/>

Lalu Simpan dan lihat pada Tata Letak, akan muncul widget dengan nama yang sama seperti pada kode diatas serta isinya sama dengan widget sebelumnya dengan ID sama yang telah terhapus.

Cara Mudah Mengembalikan Widget Blog yang Terhapus

Setelah itu jika sobat merasa bahwa letak widget tersebut kurang sesuai, silahkan atur sesuai keinginan anda.


Mungkin cukup sekian, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Disqus Comments