Friday, December 18, 2015

Cara Stem Gitar di Laptop Menggunakan PitchPerfect

Cara Stem Gitar di Laptop Menggunakan PitchPerfect

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang cara menyetem gitar menggunakan laptop. Gitar yang dalam bahasa inggris (guitar) merupakan salah satu alat musik petik yang cukup banyak digemari pecinta musik pada umumnya. Alat musik ini selain mudah dipelajari juga menyenangkan sebagai salah satu hiburan dan tidak sulit untuk dibawa kemana saja.

Akan tetapi bagi seorang newbie pemain gitar satu hal yang menjadi sebuah masalah adalah ketika kita tidak tahu cara stem gitar (mengatur ketegangan senar gitar agar menghasilkan nada yang sesuai), ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu meminta teman untuk menyetem gitar atau menggunakan alat bantu. Alat bantu stem gitar biasanya disebuti guitar tuner. Guitar tuner ada beberapa jenis, ada yang dipasang pada tuning pegs ada pula yang tidak. Tapi harga guitar tuner yang dipasang pada tuning pegs biasanya agak mahal - bisa sampai 300-an - jadi untuk anda yang punya laptop - atau komputer yang memiliki microphone - dengan menggunakan beberapa alternatif bisa menggunakannya sebagai guitar tuner, tapi perlu di ingat bahwa guitar tuner ini memanfaatkan frekuensi suara yang dihasilkan dari senar gitar sehingga memerlukan tempat yang agak tenang dan tidak terlalu berisik.

Cara Stem Gitar di Laptop Menggunakan PitchPerfect

NCH Software memberikan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu pemain gitar yang telinganya kurang peka terhadap nada. Software ini sangat berguna untuk menyetem gitar, nama software ini adalah PitchPerfect Musical Instrument Tuner dan bisa didapatkan secara gratis. Saya bagikan software ini untuk anda yang suka main gitar, silahkan di download melalui situs resminya dibawah ini.

Cara Stem Gitar di Laptop Menggunakan PitchPerfect


Mungkin cukup sekian dari saya, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silahkan sampaikan di kotak komentar dibawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comment
Parse Tool