Sunday, December 27, 2015

Cara Mengetahui Kode Pos Daerah Seluruh Indonesia

Cara Mengetahui Kode Pos Indonesia

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang kodepos. Kodepos secara global merupakan gabungan beberapa angka atau huruf yang dituliskan pada alamat surat untuk mempermudah proses pemilahan surat berdasarkan alamat penerimanya sehingga mempermudah penyampaian surat ke alamat tujuan. Kodepos di Indonesia terdiri dari lima digit angka. Kodepos Indonesia pertama kali digunakan pada tahun 1980-an dan masih terpakai sampai sekarang.

Digit pertama pada kodepos menunjukkan Provinsi, misalnya untuk Sulawesi, Maluku dan Papua memiliki kodepos yang diawali dengan angka 9.

Sedangkan digit kedua dan ketiga pada kodepos menunjukkan kota atau kabupaten dan digit keempat dan kelima menunjukkan kecamatan dan desa/kelurahan.

Kodepos di Indonesia memiliki jumlah yang sangat banyak dan cukup rumit jika mencoba untuk menghafalkannya. Saat ini, terdapat lebih dari 76 ribu desa dan kelurahan yang memiliki kode pos. Jumlah ini bisa jadi terus bertambah bergantung kebijakan pemerintahan yang akan terjadi berikutnya. Oleh karena itu Pos Indonesia melalui website resminya memberikan kemudahan untuk mencari kodepos daerah-daerah tertentu diseluruh Indonesia. Silahkan buka halaman pencarian kodepos dari website resmi Pos Indonesia pada link berikut ini.


Mungkin sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kotak komentar dibawah, atau bisa juga melalui halaman contact blog ini yang bisa dibuka lewat menu blog dibagian paling atas. Terima kasih, assalamu'alaikum.
Disqus Comments